Edu  

Apakah PR Bisa Efektif Sebagai Memperbaiki Prestasi Siswa? Studi Ungkap Fakta Ini



Jakarta

Ke hampir seluruh Bangsa, sekolah Memberi pekerjaan Tempattinggal (PR) kepada siswa Sebagai diselesaikan Ke Tempattinggal. Pemberian PR ini telah lama menjadi topik Eksperimen ilmuwan dunia, terutama bagaimana dampaknya Di prestasi akademis siswa.

Sebuah studi terbaru Di Institut Hamilton Universitas Maynooth dan Departemen Matematika dan Statistik Ke Irlandia mengungkapkan bahwa pekerjaan Tempattinggal ternyata bisa memainkan peran penting Di peningkatan prestasi siswa, terutama Di matematika dan sains.

Menurut jurnal Learning and Instruction, frekuensi dan durasi PR secara langsung memengaruhi hasil akademis mereka.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, pekerjaan Tempattinggal seperti apa yang disarankan Di para peneliti?

Frekuensi Pemberian PR Lebih Penting Dibandingkan Durasi

Peneliti menyebutkan bahwa frekuensi pemberian pekerjaan Tempattinggal lebih penting dibandingkan durasi. Ini artinya, lebih baik memberi PR yang cukup sering Di satu minggu, dibandingkan memberi PR Di waktu pengerjaan yang lama.

Menurut jurnal Learning and Instruction, siswa yang Merasakan PR lebih sering Menunjukkan peningkatan nilai matematika dibandingkan mereka yang hanya Merasakan PR tiga kali seminggu.

Tugas Di Pengerjaan Singkat Lebih Efektif

Peneliti juga menjelaskan bahwa PR yang pendek lebih efektif daripada PR panjang yang memakan banyak waktu. Eksperimen ini Menunjukkan bahwa PR yang hanya membutuhkan waktu 15 menit lebih efisien Di Memperbaiki pembelajaran tanpa membebani siswa secara berlebihan.

Seberapa Efektif Manfaat PR Sebagai Siswa?

Eksperimen ini juga menemukan bahwa PR bermanfaat Untuk siswa Di berbagai latar Dibelakang ekonomi, Di hasil berupa peningkatan prestasi akademis. Tetapi, para peneliti menegaskan bahwa manfaat PR hanya Akansegera terasa jika tidak diberikan secara berlebihan dan menumpuk.

Karenanya, peneliti menganjurkan sekolah Sebagai Memberi pekerjaan Tempattinggal yang pendek dan efektif. Hal ini bermanfaat Untuk peningkatan akademis siswa tanpa membebani mereka, Agar mereka masih Memperoleh waktu Sebagai melakukan Karya lain.

“Eksperimen kami Memberi bukti kuat bahwa pekerjaan Tempattinggal yang teratur dapat Memperbaiki kinerja siswa secara signifikan, terutama ketika diberikan ‘sedikit dan sering’,” ucap Nathan McJames, penulis utama studi, yang dikutip Di phys.org.

“Eksperimen ini Memberi wawasan berharga yang dapat memandu perubahan Aturan berbasis bukti Di Pembelajaran, yang Di akhirnya Memberi manfaat Untuk siswa secara menyeluruh,” imbuh para peneliti.

(faz/faz)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: Apakah PR Bisa Efektif Sebagai Memperbaiki Prestasi Siswa? Studi Ungkap Fakta Ini