Edu  

3 Jenis Metode Eksperimen Lengkap Di Contohnya, Kuantitatif-Kualitatif



Jakarta

Seorang mahasiswa yang Akansegera membuat skripsi tentunya harus membuat mengetahui memahami metode Eksperimen apa yang Akansegera dipilih. Metode Eksperimen sendiri banyak macamnya.

Metode Eksperimen berfungsi membantu mengidentifikasi dan Membahas masalah yang diteliti. Di metode Eksperimen, Eksperimen bisa lebih jelas Untuk memetakan objek penelitiannya.

Apa saja jenis metode Eksperimen yang ada? Simak penjelasannya Di sini ya!


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pengertian Metode Eksperimen

Mengutip Literatur Metode Eksperimen Sosial Dari Irawan Soehartono, metode Eksperimen adalah strategi Untuk menemukan atau memperoleh data. Metode Eksperimen menjadi cara menyeluruh Untuk menghimpun data.

Adapun menurut Sugiyono, metode Eksperimen adalah cara ilmiah Untuk Memperoleh data Di tujuan dan kegunaan tertentu. Metode Eksperimen mempersoalkan cara-cara melaksanakan Eksperimen berdasarkan fakta-fakta atau Tanda-Tanda-Tanda-Tanda secara ilmiah.

Tujuan Di metode Eksperimen Secara Keseluruhan adalah Untuk membuktikan validitas data yang terkumpul dan mencari pengetahuan atau penemuan yang belum terungkap.

Sambil tujuan teoritisnya adalah Untuk memahami Prototipe teoritis suatu Prototipe atau Kejadian Luar Biasa lebih mendalam. Sedangkan tujuan praktisnya adalah Untuk menghasilkan pengetahuan yang diterapkan Untuk kehidupan sehari-hari.

Jenis-jenis Metode Eksperimen

Melansir laman Institut Keahlian Batam, berikut jenis-jenis metode Eksperimen yang bisa dipilih mahasiswa Untuk menyelesaikan skripsinya:

1. Kuantitatif

Metode kuantitatif adalah metode yang digunakan Untuk mengukur data angka. Biasanya metode ini digunakan Untuk kuantifikasi dan pengukuran.

Pengukuran Untuk metode ini menggunakan analisis statistik. Penggunaannya bisa Untuk masalah sosial maupun sains.

Pengumpulan data Untuk kuantitatif dilakukan Di langsung melakukan survei Di lapangan. Misalnya lewat pengisian kuisioner atau wawancara.

2. Kualitatif

Metode kualitatif bertujuan mengeksplorasi Prototipe Untuk sebuah permasalahan Eksperimen. Biasanya metode ini didasarkan Di teori dan fakta Di lapangan.

Data yang dikumpulkan Untuk metode ini bisa berupa hasil wawancara atau hasil observasi. Menurut Creswell, ada lima jenis metode kualitatif yakni etnografi, studi Perkara Pidana Hukum, fenomenologi, naratif, dan grounded theory.

3. Gabungan

Sesuai namanya, metode Eksperimen ini adalah hasil gabungan Di kualitatif dan kuantitatif. Biasanya metode ini dipakai Untuk membuat kesimpulan Di Eksperimen.

Isi Di analisis metode kuantitatif dan kualitatif ini berisi kedua elemen narasi dan angka. Supaya kesimpulannya bisa bersifat lebih menyatu.

(cyu/pal)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: 3 Jenis Metode Eksperimen Lengkap Di Contohnya, Kuantitatif-Kualitatif