Di Vokalis Nidji hingga Wakil Pembantu Presiden Tim Menteri Kebudayaan



Jakarta

Giring Ganesha resmi dilantik sebagai Wakil Pembantu Presiden Tim Menteri Kebudayaan mendampingi Pembantu Presiden Tim Menteri Kebudayaan, Fadli Zon. Giring bukanlah nama Terbaru Di dunia politik maupun tarik suara. Siapakah dia?

Nama Giring pasti tak Asing Untuk penikmat Alunan Tanah Air Di era awal 2000-an. Giring kala itu merupakan vokalis Di Grup Musik Nidji yang terkenal Berencana lagu Hapus Aku sampai Laskar Pelangi.

Karier Giring Di Dunia Alunan

Giring dan Grup Musik Nidji terjun Di dunia Alunan Di tahun 2002. Album pertama yang dirilis Di 2006 itu langsung Menarik Perhatian perhatian banyak Kelompok Indonesia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kala itu, Grup Musik Nidji juga menjadi sorotan lantaran Aksi Ketidak Setujuan Giring Di panggung. Ia biasa tampil Di rambut keritingnya serta Aksi Ketidak Setujuan panggung yang nyentrik, seperti dilansir Di arsip detik.com.

Karier Nidji pun moncer usai dilirik Sebagai mengisi banyak soundtrack Sinema seperti Laskar Pelangi, 5 Cm, Street Society, Drama Radio Ramadhan Di Atas Awan, dan Sang Pencerah.

Sesudah 15 tahun bernyanyi bersama Nidji, Giring memutuskan Sebagai vakum Sebagai melanjutkan perkuliahan Di Universitas Terbuka. Ia juga sempat mencoba dunia peran Sebelumnya terjun Di kancah politik.

Giring Terjun Di Politik

Giring memulai karier Di dunia politik. Salah Satunya ia terjun sebagai Volunteer Di Pemilihan Kepala Lokasi (Pemilihan Kepala Daerah Serentak) DKI Jakarta Sebagai Calon Gubernur Basuki Tjahaja Purnama dan Cawagub Djarot Saiful Hidayat.

Ia bergabung Di Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Di 2020 Giring menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Di 2019 Giring menjadi caleg Sebagai Lokasi pemilihan (Dapil) Jawa Barat I. Tetapi, angin baik belum berpihak padanya, dia hanya mengantongi suara 47.069 dan PSI tak memenuhi ambang batas Legislatif.

Kendati demikian, karier politik Giring yang gagal Karena Itu anggota Lembaga Legis Latif justru membuatnya dipilih menjadi Ketua Umum PSI Di November 2021 menggantikan Grace Natalie.

Gagal Karena Itu anggota Dewan Di 2019, Giring maju lagi menjadi caleg Di Pemungutan Suara Rakyat 2024. Berencana tetapi, Giring lagi-lagi gagal.

Ingin Bermusik Lagi

Giring yang gagal Karena Itu anggota dewan, mengaku ingin kembali bermusik. Di 2024, Giring bertekad Sebagai Mengintroduksi karya.

“Begitu habis Pemungutan Suara Rakyat, kemarin kan gue sempat ngobrol juga, gue sama bini gue tuh memang sempat ngomongin pokoknya Di tahun 2024 harus ngeluarin karya,” kata Giring Di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (31/5/2024) lalu.

Pada itu Giring mengatakan Sesudah tidak lagi menjabat sebagai ketua partai, kegiatannya lebih fleksibel. Di 23 September 2024, Giring pertama kali Mengintroduksi Extended Play (EP) yang berjudul Serigala. Ini menjadi karya pertamanya Sesudah hengkang dariNidji.

Karena Itu Wakil Pembantu Presiden Tim Menteri Kebudayaan

Karier Giring Di dunia Alunan dan politik membuat dirinya masuk Di bursa Kandidat Pembantu Presiden Tim Menteri Tim Menteri Pembantu Presiden Tim Menteri pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Di Senin, 21 Oktober, dirinya resmi diangkat menjadi Wakil Pembantu Presiden Tim Menteri Kebudayaan.

Giring Ganesha Berencana mendampingi Fadli Zon, Pembantu Presiden Tim Menteri Kebudayaan, Di Tim Menteri Pembantu Presiden Tim Menteri Merah Putih periode 2024-2029. Selamat bertugas!

(nir/nwy)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: Di Vokalis Nidji hingga Wakil Pembantu Presiden Tim Menteri Kebudayaan