Siap-siap, La Nina Berpeluang Mulai Bulan Ini



Jakarta

Kabar La Nina Di Indonesia telah tersebar Sebelum awal tahun 2024. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Di data terbarunya mengabarkan jika La Nina kemungkinan Akansegera dimulai bulan ini.

La Nina adalah Kejadian Luar Biasa Di mana Suhu Muka Laut (SML) Di Samudera Pasifik Pada Di Merasakan pendinginan Di bawah Situasi normal. PendinginanSML ini Mengurangi potensi Perkembangan awan Di Samudera Pasifik Di dan Meningkatkan curah hujan Di Daerah Indonesia. Kejadian Luar Biasa ini terjadi setiap beberapa tahun sekali Didalam durasibeberaapa bulan sampai 2 tahun.

Sebelum awal tahun 2024, ramai kabar mengenai La Nina yang Akansegera kembali mengguyur Indonesia. Akan Tetapi belum ada informasi pasti mengenai kapan tepatnya Kejadian Luar Biasa ini Akansegera kembali Hingga Indonesia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelumnya Itu, BMKG telah Mengintroduksi prediksi jika La Nina Akansegera tiba Di bulan Juni. Informasi itu Lalu mundur menjadi Agustus, September, hingga dikabarkan La Nina Akansegera kembali Di Indonesia Di Oktober ini.

“Analisis dan Prediksi IOD dan ENSO:Hasil monitoring indeks IOD dan ENSO Dasarian I Oktober 2024, Indek Dipole Gaya sebesar -0.25 (Netral), dan indeks ENSO sebesar -0.44 (Netral). IOD Netral diprediksi berlangsung hingga awal tahun 2025. Di Pada Yang Sama, ENSO diprediksi Berpeluang Ke La Nina mulai Oktober 2024,” tulis BMKG Di laman resminya Senin (14/10/2024).

Kendati demikian, masih belum dipastikan tanggal berapa La Nina Akansegera mulai memasuki atmosfer Indonesia.

Di data terbarunya, BMKG Meramalkan jika kelembaban Di Indonesia Akansegera berangsur naik dan turun. Kelembapan udara permukaan berkisar 68-73% dan diprediksi hingga Dasarian I November 2024 berkisar 64-77%, Di lapisan 850mb diprediksi berkisar 60-79% serta Di lapisan 700 mb umumnya diprediksi 59-78%.

Lalu Sebagai suhu rata-rata, diprediksi jika suhu rata-rata permukaan berkisar 25-27°C dan diprediksi Di Dasarian I November 2024 berkisar 25-28°C, Prediksi suhu minimum berkisar 22-26°C dan Prediksi suhu maksimum berkisar 30 – 36°C.

Prediksi Jadwal Hujan Oktober 2024

Di Oktober ini, BMKG Meramalkan beberapa Daerah Indonesia Akansegera diguyur hujan. Daerah tersebut termasuk:

Status Waspada

Beberapa kabupaten/kota Di Provinsi Sumatera Barat
Kepulauan Bangka Belitung
Lampung
Jawa Barat
Jawa Di
Kalimantan Barat
Kalimantan Di
Kalimantan Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Selatan
Papua Barat Daya
Papua Barat
Papua
Papua Di
Papua Selatan

Status Siaga

Beberapa kabupaten/kota Di Provinsi Banten
Jawa Barat
Sulawesi Barat
Papua Barat Daya
Papua Barat
Papua Di

Status Awas

Jawa Barat

Itulah data terbaru tibanya La Nina Di Indonesia serta daftar Daerah yang Akansegera diguyur hujan. Semoga membantu, ya!

(nir/nwy)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: Siap-siap, La Nina Berpeluang Mulai Bulan Ini