Organisasi Penyintas Bom Hiroshima-Nagasaki Dari Sebab Itu Peraih Nobel Keamanan Dunia 2024



Jakarta

Pengakuan Nobel Keamanan Dunia 2024 telah diberikan Melewati Penyiaran Langsung Ke hari ini, Jumat (11/10/2024) pukul 11.00 Central European Summer Time (CEST). Anugerah diberikan Dari Norwegian Nobel Committee Ke Oslo, Norwegia.

Tahun ini, Nobel Keamanan Dunia diberikan kepada organisasi asal Jepang, Nihon Hidankyo. Organisasi tersebut merupakan pergerakan akar rumput para penyintas bom Hiroshima dan Nagasaki, yang disebut sebagai hibakusha.

“Norwegian Nobel Committee memutuskan Sebagai Menyediakan anugerah (Nobel) Keamanan Dunia 2024 kepada organisasi asal Jepang, Nihon Hidankyo,” ujar perwakilan Norwegian Nobel Committee, Melewati siaran YouTube Nobel Prize, Jumat (11/10/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Pergerakan akar rumput penyintas bom atom Hiroshima dan Nagasaki yang juga dikenal sebagai hibakusha memperoleh anugerah Keamanan Dunia atas usahanya Sebagai mencapai dunia bebas senjata nuklir dan Menunjukkan Melewati pernyataan saksi bahwa senjata nuklir semestinya tidak pernah digunakan lagi,” jelasnya.

Dikutip Di laman resmi the Nobel Prize, secara bertahap, berkat usaha Nihon Hidankyo, berkembang kuat norma internasional yang menstigmatisasi penggunaan senjata nuklir sebagai sesuatu yang tidak dapat diterima secara moral. Norma ini Setelahnya Itu dikenal sebagai “tabu nuklir”.

Para hibakusha dinilai telah membantu menghasilkan dan mengonsolidasikan penentangan yang meluas Pada senjata nuklir Ke seluruh dunia Melewati kisah-kisah pribadi, membuat Pencalonan Politik Belajar berdasarkan Pengalaman Hidup mereka sendiri, dan Mengeluarkan peringatan mendesak Pada penyebaran dan penggunaan senjata nuklir.

Norwegian Nobel Committee juga ingin mengakui satu fakta bahwa tidak ada senjata nuklir yang digunakan Di Konflik Bersenjata Di hampir 80 tahun. Upaya Nihon Hidankyo dan perwakilan hibakusha lainnya telah Menyediakan kontribusi besar Pada pembentukan tabu nuklir.

Sejarah Nihon Hindankyo

Ke 1956, asosiasi hibakusha setempat bersama Bersama para korban uji coba senjata nuklir Ke Pasifik membentuk Konfederasi Organisasi Korban Bom A dan H Jepang.

Nama ini disingkat Di bahasa Jepang menjadi Nihon Hidankyo. Organisasi ini Setelahnya Itu menjadi organisasi hibakusha terbesar dan paling berpengaruh Ke Jepang.

Di pemberian Hadiah Nobel Keamanan Dunia tahun ini kepada Nihon Hidankyo, Federasi Nobel Norwegia ingin menghormati semua penyintas Kendati Merasakan penderitaan fisik dan kenangan menyakitkan, telah memilih Sebagai menggunakan Pengalaman Hidup berharga mereka Sebagai menumbuhkan harapan dan keterlibatan Untuk Keamanan Dunia.

Dikutip Di situs resmi The Nobel Prize, Nihon Hidankyo telah Menyediakan ribuan kesaksian, Mengeluarkan resolusi dan seruan publik, serta mengirim delegasi tahunan Hingga Perserikatan Bangsa-Bangsa dan berbagai konferensi Keamanan Dunia Sebagai mengingatkan dunia tentang kebutuhan mendesak Akansegera pelucutan senjata nuklir.

Tahun Didepan Akansegera menandai 80 tahun Dari dua bom atom Amerika menewaskan Disekitar 120.000 penduduk Hiroshima dan Nagasaki.

(nah/nwy)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: Organisasi Penyintas Bom Hiroshima-Nagasaki Dari Sebab Itu Peraih Nobel Keamanan Dunia 2024