Edu  

Ramai Dibahas Ke Medsos, Apa Itu Kejadian Luar Biasa Bulan Kembar? Ini Penjelasan Pakar BRIN



Jakarta

Kelompok Terbaru-Terbaru ini ramai memperbincangkan soal bulan kembar Ke media sosial (medsos). Apa sebenarnya Kejadian Luar Biasa bulan kembar ini?

Beberapa orang ada yang menganggap bahwa bulan kembar adalah peristiwa astronomis langka, Kejadian Luar Biasa ini memperlihatkan dua bulan Ke langit yang muncul bersamaan.

Atas dasar asumsi-asumsi demikian, Peneliti Utama Badan Kajian dan Pembaharuan Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin menjelaskan arti Kejadian Luar Biasa tersebut. Menurutnya, istilah “bulan kembar” kurang tepat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia mengatakan bumi hanya Memperoleh satu satelit alami yakni bulan. Hanya bulan yang selalu terlihat mengelilingi bumi.

“Bulan adalah satu-satunya satelit alami bumi yang ukurannya besar dan terlihat Didalam mata telanjang,” katanya dilansir Didalam laman BRIN, Rabu (25/9/2024).

Thomas menambahkan, terkadang objek lain seperti asteroid bisa tertangkap mengitari bumi. Agar, peristiwa tersebut sering disebut sebagai “mini moon” atau “bulan mini”.

Kejadian Luar Biasa Asteroid 2024 PT5

Sesudah Itu, Thomas menyinggung soal Kejadian Luar Biasa Asteroid 2024 PT5. Kejadian Luar Biasa tersebut Berencana terjadi Ke 29 September hingga 25 November 2024.

Thomas mengatakan istilah yang lebih tepat Sebagai menamai Kejadian Luar Biasa tersebut adalah Asteroid 2024 PT5 dibandingkan bulan kembar.

“Asteroid ini bukan bulan kedua. Tetapi Sebab terjebak Sambil Itu Di orbit bumi, beberapa media menyebutnya sebagai ‘bulan mini’,” jelas Thomas.

Asteroid 2024 PT5 sendiri berukuran sangat kecil, hanya Di 10 meter. Agar jika dibandingkan Didalam bulan, ukurannya sangat jauh berbeda.

“Ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan bulan, Dari Sebab Itu tidak Mungkin Saja terlihat seperti bulan purnama yang kita lihat Ke langit. Orbitnya juga tidak berbentuk lingkaran sempurna, melainkan Berencana sempat dan hanya sekali mengelilingi bumi Sebelumnya akhirnya lepas kembali Hingga orbit asalnya mengelilingi matahari,” tambah Thomas.

Dampak Kejadian Luar Biasa Asteroid 2024 PT5

Thomas menyebut Kejadian Luar Biasa Asteroid 2024 PT5 tak menimbulkan ancaman Bagi bumi. Sebab, ukurannya yang kecil.

Jika asteroid masuk Hingga bumi, maka Berencana terlanjur terbakar Ke lapisan atmosfer. Kemungkinan jatuhnya juga berada Ke Area yang tidak dihuni penduduk.

“Asteroid semacam ini sering kali terdeteksi dan tidak berbahaya. Asteroid seukuran itu pernah jatuh Ke perairan Bone, Sulawesi, Ke 2009. Akan Tetapi, Sebab orbitnya terjebak Ke gravitasi bumi Sebagai Sambil Itu waktu, ia Dikatakan Memikat Sebagai diamati Dari para astronom,” katanya.

Apakah Kejadian Luar Biasa Asteroid 2024 PT5 Bisa Diamati?

Ternyata, Kejadian Luar Biasa ini tak bisa diamati lewat mata telanjang. Asteroid Berencana terlihat redup dan kecil Agar perlu Dukungan alat khusus Sebagai mengamatinya.

“Kita membutuhkan teleskop yang cukup besar Sebagai bisa melihat asteroid ini. Observatorium Didalam teleskop canggih Ke dunia Pada ini sudah bersiap Sebagai Memperhatikan pergerakan asteroid ini,” paparnya.

Thomas menyarankan Kelompok Sebagai tidak khawatir Didalam Kejadian Luar Biasa ini. Justru, Kelompok bisa menjadikannya sebagai kesempatan Sebagai memperkaya pengetahuan tentang objek tata surya.

“Ini adalah Kejadian Luar Biasa yang Memikat Bagi dunia astronomi, meski Bagi kebanyakan orang tidak Berencana terlihat. Akan Tetapi, ini mengingatkan kita bahwa ada banyak benda Ke tata surya yang bisa Memberi kejutan,” pungkasnya.

(cyu/cyu)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: Ramai Dibahas Ke Medsos, Apa Itu Kejadian Luar Biasa Bulan Kembar? Ini Penjelasan Pakar BRIN