9 Pertanyaan Sidang Skripsi yang Ditanyakan Penguji dan Cara Menjawabnya


Jakarta

Sidang skripsi termasuk momen mendebarkan Untuk mahasiswa tingkat akhir yang segera lulus Bersama perguruan tinggi. Bagaimana tidak, detikers Akansegera dihujani banyak pertanyaan “mengerikan” Bersama dosen penguji Pada sidang berlangsung.

Eksperimen yang detikers lakukan sebagai syarat kelulusan Akansegera dipertanggungjawabkan Ke sidang skripsi. Biasanya penguji bakal mengajukan sejumlah pertanyaan yang berkaitan Bersama Eksperimen itu.

Lantas, apa saja pertanyaan sidang skripsi yang sering diajukan Bersama dosen penguji? Simak Ke bawah ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Contoh Pertanyaan Sidang Skripsi beserta Jawabannya

Mengutip Bersama publikasi Scribd Bersama Siska Septiani, berikut pertanyaan umum yang sering penguji ajukan Di sidang skripsi:

1. “Tentang Apa Skripsi Anda Ini?”

Pertanyaan ini Mungkin Saja sederhana tapi perlu dijawab Bersama baik. Untuk menjawabnya, kamu bisa menjelaskan inti atau ringkasan Eksperimen Di beberapa kalimat yang diambil Bersama abstrak.

Contoh jawabannya: “Eksperimen ini mengenai “Z” sebagai salah satu Perdagangan Elektronik atau platform jual beli online terbesar Ke Tanah Air. Bersama topik yang diangkat yaitu Meneliti pengaruh Mutu layanan elektronik, promosi penjualan Pada loyalitas Melewati kepuasan, menggunakan sem-PLS Bersama software Smart PLS.”

2. “Mengapa Anda Memilih Eksperimen Ini?”

Detikers perlu menjawab pertanyaan ini Bersama Inspirasi apa yang mendorongmu Untuk melakukan Eksperimen tersebut. Jawabannya bisa berkaitan Bersama minatmu yang besar Pada topik Eksperimen itu.

Contoh jawabannya: “Akses dan penggunaan platform jual beli online Ke kalangan Kelompok kini sangat tinggi. Banyaknya Usaha yang bergantung Ke platform tersebut membutuhkan Eksperimen yang bisa membantu mereka menentukan strategi apa yang dibutuhkan Untuk Memperoleh keuntungan transaksi yang terjadi Ke dalamnya.”

3. “Mengapa Anda Memilih Judul Ini Untuk Skripsi Anda?”

Judul skripsi mencerminkan inti utama Bersama penelitianmu. Sebab itu, sangat penting Untuk menentukan judul skripsi yang tepat. Bersama pertanyaan ini, dosen penguji ingin tahu alasan detikers memutuskan Membahas judul tersebut Untuk skripsimu.

Contoh jawabannya: “Ada beberapa faktor yang membuat saya memutuskan Untuk memilih judul tersebut Untuk Eksperimen ini. Ke antaranya:

  • Penggunaan Perdagangan Elektronik Bersama Kelompok terus Menimbulkan Kekhawatiran secara pesat Bersama tahun Ke tahunnya. Justru Ke tahun 2023 jumlahnya sudah mencapai 212,2 juta lebih Pemakai.
  • Perubahan perilaku belanja Kelompok yang sudah berubah Dari 3 tahun terakhir. Agar menimbulkan demand yang besar Akansegera platform jual beli online.
  • Banyaknya Lawan Ke lingkup Perdagangan Elektronik membuat Lebihterus beragamnya opsi platform jual-beli online yang dapat Kelompok akses.”

4. “Trend Populer Apa yang Ingin Dipahami Di Eksperimen Ini?”

Detikers bisa menjawabnya Bersama menjelaskan permasalah utama yang menjadi fokus skripsimu itu. Contoh jawabannya:

“Di Eksperimen yang berjudul “Inspirasi Menjadi Sukarelawan…”, saya Berusaha mempelajari Teori Perilaku Terencana Bersama Meneliti perilaku dan keyakinan normatif yang mempengaruhi sikap dan norma subjektif.”

5. “Mengapa Eksperimen Anda Penting?”

Untuk menjawab pertanyaan ini, detikers dapat menguraikan dampak Eksperimen yang kamu lakukan itu. Di Kontek Sini, informasi atau pengetahuan Terbaru apa yang disumbangkan Eksperimen dan dampaknya Untuk Kelompok.

Contoh jawabannya: “Sebagai literatur, Eksperimen ini diharapkan menjadi tambahan wawasan Yang Terkait Bersama Usaha Perdagangan Elektronik Untuk Kelompok Untuk mengetahui apakah Z merupakan pilihan yang tepat. Untuk Dan Menengah dan Usaha yang ada Ke Di platform tersebut, maupun perusahaan Z itu sendiri diharapkan dapat membantu Di menentukan strategi sales promotion yang tepat Untuk Menarik Perhatian konsumen menggunakan layanan Z.”

6. “Teori Apa yang Digunakan Di Skripsi Ini? Bagaimana Prototipe Teori Tersebut?”

Pertanyaan ini bisa dijawab perihal teori apa saja yang kamu gunakan Untuk meneliti permasalahan Di skripsimu. Contoh jawabannya:

“Setidaknya saya menggunakan 3 teori Untuk Eksperimen ini, yaitu:

  • Teori Belch & Belch, berkaitan Bersama Prototipe sales promotion sebagai upaya pemberian insentif atau nilai tambahan Untuk produk kepada pihak yang terlibat Untuk menciptakan penjualan langsung.
  • Teori Kotler & Keller, tentang e-satisfaction yang Memperoleh Prototipe bahwa Kemakmuran perasaan yang tercipta akibat Bersama Mutu layanan yang dirasakan konsumen Pada harapan yang sudah ditanamkan Di benaknya.
  • Teori Gotama & Indarwati, mengenai e-loyalty yang merupakan komitmen yang ditunjukan Bersama konsumen yang terus berlangganan dan melakukan pembelian kembali.”

7. “Mengapa Menggunakan Metodologi Eksperimen Kuantitatif Untuk Skripsi Anda?”

Detikers dapat menjawab pertanyaan ini Bersama alasan kuat yang membuat fokus skripsimu cocok menggunakan metode Eksperimen kuantitatif atau kualitatif. Contoh jawabannya:

“Ke umumnya Eksperimen kuantitatif dimaksudkan Untuk menjabarkan Trend Populer atau memahami polanya Bersama cara yang terukur. Bersama menggunakan metode ini, peneliti dapat melihat pola hubungan, Keterlibatan, dan kausalitas atas Trend Populer yang diamati.”

8. “Kesulitan Apa yang Anda Temui Pada Proses Eksperimen?”

Untuk menjawab pertanyaan ini, dapat dijelaskan beberapa hal sulit tentang Eksperimen yang kamu alami Pada penyusunan skripsi. Contoh jawabannya:

“Saya Merasakan kesulitan Di Memperoleh responden. Agar proses pengumpulan data primer cukup membutuhkan waktu yang lama. Sumber literatur yang Merundingkan sales promotion Pada loyalitas dan kepuasan pun relatif sedikit. Agar saya memerlukan waktu lebih lama Untuk menemukan literatur yang mendukung Eksperimen ini.”

9. “Apa Sumbangsih Eksperimen Ini Untuk Perkembangan Ilmu Pengetahuan?”

Pertanyaan ini bisa detikers jawab Bersama Membahas Bersama Dibagian manfaat Eksperimen secara teoritis. Contoh jawabannya:

“Eksperimen dilakukan Untuk mencari jawaban Pada suatu permasalahan. Diharapkan Eksperimen ini mampu menambah khazanah pengetahuan, terutama Di ilmu pemasaran Ke bidang Perdagangan Elektronik.”

Tips Lancar Menjawab Pertanyaan Sidang Skripsi

Kalau sebentar lagi Akansegera menjalani sidang skripsi, cek beberapa tips berikut agar detikers bisa lancar menjawab pertanyaan Bersama dosen penguji:

  • Hadir Ke sidang tesis peserta lain Untuk mempelajari pertanyaan dan jawaban apa yang diharapkan dosen penguji Secara Keseluruhan
  • Cari daftar prediksi pertanyaan yang Mungkin Saja diajukan penguji dan buat jawaban berdasarkan penelitianmu
  • Kuasai Skor-Skor penting Bersama Eksperimen Di skripsimu
  • Minta Pemberian teman Untuk berlatih presentasi dan menjawab pertanyaan sidang skripsi
  • Letakkan salinan skripsi Ke dekatmu Pada sidang berlangsung
  • Berdoa Sebelumnya memulai sidang skripsi
  • Jawab pertanyaan secara ringkas dan objektif.

Nah, itu tadi sederet pertanyaan sidang skripsi yang umum diajukan Bersama dosen penguji. Karena Itu, semoga sidangmu berjalan lancar ya!

(azn/row)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: 9 Pertanyaan Sidang Skripsi yang Ditanyakan Penguji dan Cara Menjawabnya