Hari Pertama Tes SKD CPNS 2024, Pembantu Kepala Negara PANRB Ingatkan Peserta Sebagai Tak Percaya Calo



Jakarta

Seleksi kompetensi dasar (SKD) Kandidat Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 dimulai. Rabu, 16 Oktober 2024 menjadi hari pertama pelaksanaan SKD CPNS sedangkan hari terakhir yakni Di 14 November 2024.

Di hari pertama ini, Pembantu Kepala Negara Pembantu Kepala Negara Pendayagunaan Aparatur Negeri dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mewanti-wanti para peserta SKD Sebagai tidak berlaku curang. Salah satunya Bersama memakai jasa joki.

Ia juga mengingatkan Sebagai tidak percaya Pada pihak manapun seperti calo yang menjanjikan kelulusan. Anas juga menegaskan tak ada pihak lain selain diri sendiri yang menentukan kelulusan SKD.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Seluruh tahapan, termasuk SKD Bersama Pewarna tidak dipungut biaya. Tidak ada satu pun orang yang bisa membantu kelulusan Di tes CPNS tahun ini maupun yang Akansegera datang. Jangan percaya kepada siapapun yang menjanjikan kelulusan,” ujar Anas, dikutip Di laman KemenPANRB, Rabu (16/10/2024).

SKD CPNS Pakai Sistem Double Face Recognition

Di mencegah tindak kecurangan, ujian menerapkan sistem double face recognition. Sistem ini Akansegera mengidentifikasi seseorang Bersama menggunakan fitur wajah yang dilakukan sebanyak dua kali.

Anas menambahkan, sistem seleksi Di CPNS tahun ini diatur sedemikian rupa. Agar dapat mengintegrasi seleksi mulai Di awal hingga penentuan kelulusan.

Lalu, Anas juga mengingatkan peserta lain Sebagai Merencanakan diri sebaik Mungkin Saja Bersama mempelajari materi SKD. Begitu juga Bersama berkas-berkas Di SKD, Anas mengimbau Sebagai tidak melupakannya.

“Silakan cermati juga lokasi dan jadwal pelaksanaan Bersama baik. Yang paling penting jangan lupa meminta restu dan doa orang tua agar bisa mengikuti semua tahapan Bersama lancar,” tutur Anas.

Adapun kisi-kisi SKD CPNS sudah dijelaskan Di KepmenPANRB No. 321/2024. Ada tiga materi yang muncul Di SKD yakni tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Durasi mengerjakan soal SKD Pada 100 menit. Peserta dituntut bisa meraih skor minimal sesuai ambang batas agar bisa lolos Di tahap ini.

“SKD CPNS dilakukan Sebagai mengukur kemampuan dan karakteristik yang dimiliki pelamar berupa pengetahuan, Kemahiran, dan perilaku apakah sesuai Bersama standar kompetensi dasar PNS,” imbuh Anas.

Total Peserta Lolos Seleksi Administrasi Capai 3 Juta Orang

Sambil Itu, Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto membeberkan jumlah peserta yang lulus seleksi administrasi yakni 3.035.717 orang (memenuhi syarat). Sambil Itu peserta yang tak memenuhi syarat 532.495.

“Lanjutnya peserta yang Memenuhi Syarat diberikan kesempatan Sebagai mengikuti SKD tahun 2024 atau menggunakan nilai SKD tahun 2023,” jelas Haryomo.

Adapun pelaksanaan SKD ini tersebar Di 339 titik lokasi yakni BKN Pusat, 14 Kantor Regional, 21 UPT BKN, 75 titik lokasi mandiri, 135 titik lokasi mandiri instansi, dan 93 titik lokasi luar negeri.

Ia juga menegaskan kepada peserta Sebagai tidak melakukan kecurangan. Hal tersebut melanggar hukum dan dapat menggugurkan kepesertaannya Di seleksi CPNS.

“Sebab metode Pewarna BKN ini diawasi langsung Bersama Komunitas Bersama hasil yang Cepat, Akuntabel, dan Transparan. Kecurangan Di bentuk apapun tidak Akansegera kami tolerir, dan tidak Akansegera sungkan-sungkan Sebagai didiskualifikasikan serta ditindak sesuai Bersama hukum yang berlaku,” pungkasnya.

(cyu/nwy)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: Hari Pertama Tes SKD CPNS 2024, Pembantu Kepala Negara PANRB Ingatkan Peserta Sebagai Tak Percaya Calo