Ini Alasan Mengapa Minuman Bisa Picu Rasa Senang Di Otak



Jakarta

Pernah dengar serotonin? Ini adalah zat yang bisa memicu mood Dari Sebab Itu lebih baik dan perasaan senang. Ternyata Di studi Mutakhir, terungkap bahwa Di menelan Minuman, terjadi pelepasan serotonin. Hal ini yang membuat menelan Minuman bisa membuat seseorang Senang.

Di sebuah studi yang terbit Di Current Biology Volume 34, Issue 19, 2024, peneliti melakukan pendekatan bukan Hingga manusia, melainkan kepada lalat buah. Mereka mencoba mencari tahu bagaimana zat serotonin dikaitkan Didalam menelan Minuman.

Alasan Peneliti Menggunakan Larva Lalat Buah

Serotonin adalah neurotransmitter, yakni zat kimia Di otak yang berfungsi mengirim sinyal antar sel saraf. Zat ini berperan penting Di mengatur suasana hati dan perasaan seseorang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di kadar serotonin cukup, otak Berencana Memberi sinyal yang membuat seseorang merasa lebih Senang dan Damai.

Di studi, para peneliti menggunakan larva lalat buah (Drosophila) sebagai subjek Studi Bagi meneliti bagaimana sistem pencernaan berkomunikasi Didalam otak Di mengonsumsi Minuman. Didalam melakukan pemetaan terperinci Di sistem saraf, ilmuwan mencoba mengidentifikasi neuron yang terlibat dan apa yang memicunya.

Larva lalat buah diperkirakan Memperoleh kurang Didalam 200.000 neuron, jauh lebih sedikit dibandingkan manusia yang Memperoleh Disekitar 100 miliar neuron Di otaknya.

Jumlah neuron yang lebih kecil Di lalat buah ini memudahkan para peneliti Bagi mengkatalogkan dan Membahas bagaimana neuron bereaksi, yang diharapkan nantinya bisa diaplikasikan Bagi Studi Di manusia.

Nantinya, hasil Didalam larva lalat bisa Memberi wawasan Mutakhir tentang bagaimana dan mengapa hewan makan.

Menelan Ternyata Dapat Memberi Kesenangan dan Rasa Nyaman Di Otak

Para ilmuwan memetakan sistem saraf enterik usus lalat buah secara rinci. Hasilnya, mereka menemukan pencerahan Mutakhir tentang tindakan penting menelan.

Seorang ahli saraf Di Universitas Bonn Di Jerman, Michael Pankratz, menjelaskan bahwa studi ini mengungkapkan bahwa tindakan “menelan” merupakan Pada Didalam keputusan paling penting yang harus diambil Dari seekor hewan.

Peneliti menemukan mekanisme biologis yang dikenal sebagai reseptor regang, yakni Pendeteksi yang mendeteksi peregangan Di jaringan tubuh, seperti kerongkongan yang menghubungkan mulut Didalam lambung.

Reseptor ini terhubung Hingga enam neuron spesifik Di otak larva, yang mengirimkan sinyal Di hewan tersebut melakukan tindakan “menelan”. Ketika Minuman dinilai enak, serotonin Berencana dilepaskan, dan Memberi perasaan senang Di hewan tersebut.

“Mereka hanya memproduksi serotonin jika Minuman berkualitas baik terdeteksi, yang Di gilirannya memastikan bahwa larva terus makan,” kata kata ahli Didalam Universitas Bonn Di Jerman, Andreas Schoofs, dikutip Didalam Science Alert.

Walaupun larva lalat buah Memperoleh kesamaan biologis Didalam manusia, peneliti Berkata bahwa Studi Lebih Jelas diperlukan Bagi mengetahui apakah pola neuron dan pelepasan serotonin Di larva juga berlaku Di manusia.

(faz/faz)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: Ini Alasan Mengapa Minuman Bisa Picu Rasa Senang Di Otak