Profil Abdul Mu’ti, Pembantu Presiden Pembantu Presiden Pembelajaran Dasar dan Menengah Era Pembantu Presiden Kerja Prabowo



Jakarta

Kepala Negara terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto telah menunjuk Abdul Mu’ti Untuk memimpin Kementerian Pembelajaran Dasar dan Menengah Ke masa pemerintahannya. Hal ini disampaikan langsung Didalam Sekretaris Umum PP Muhammadiyah tersebut.

“Tadi Pak Prabowo Memberi amanah Ke saya Untuk memimpin Kementerian Pembelajaran Dasar dan Menengah,” ujar Abdul, dilansir Didalam detikNews, Senin (14/10/2024).

Nantinya ia Berencana didampingi dua orang wakil Pembantu Presiden Pembantu Presiden Pada menjalankan pemerintahan. Abdul Berkata siap mengelola kementerian Pembelajaran sebagaimana perintah Prabowo.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Prabowo berharap Ke tangan Abdul, sistem Pembelajaran bisa membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Meski demikian, Abdul belum bisa menyebutkan otoritasnya apa saja.

“Kami menyampaikan Hingga Pak Prabowo Untuk menjadikan Pembelajaran sebagai gerakan pencerdasan Untuk Indonesia Raya yang berkemajuan dan tadi beliau menyampaikan beberapa hal bagaimana saya bisa bekerja sebaik-baiknya,” katanya.

Profil Singkat Abdul Mu’ti

Abdul lahir Ke Kudus Ke 2 September 1968. Abdul Mu’ti dikenal publik sebagai Sekretaris Umum PP Muhammadiyah. Ia kini menjalankan roda organisasi Islam tersebut bersama sang Ketua Umum, Haedar Nashir Ke periode 2022-2027.

Melansir laman Muhammadiyah Jateng, Abdul sudah aktif Ke PP Muhammadiyah Dari tahun 2000. Jabatan pertama yang ia pegang adalah sebagai PWM Jateng periode 2000-2002. Lalu, memegang jabatan selaku Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Ke 2002-2006.

Tak berhenti sampai itu, ia Setelahnya Itu menjalankan amanah sebagai Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah 2005-2010. Adapun jabatan Sekum Ke PP Muhammadiyah ia lakoni juga Ke dua periode Sebelumnya (2010-2015 dan 2015-2022).

Ke kancah internasional, Abdul pun terkenal aktif Untuk banyak komunitas. Seperti anggota British Council Advisory Board 2006-2008, Indonesia-United Kingdom Advisory Board (2007-2009), Executive Committee of Asian Conference of Religion for Peace (2010-2015), dan Indonesia-United States Council on Religion and Pluralism (2016-Sekarang).

Melansir situs Universitas Muhammadiyah Jakarta, Abdul juga merupakan Ketua Umum Indonesia Conference on Religion and Peace (ICRP) Untuk periode 2023-2028.

Kiprah Abdul Mu’ti sebagai Akademisi

Selain aktif Untuk banyak organisasi dan pergerakan, Abdul Mu’ti merupakan seorang akademisi. Ia adalah Guru Besar Ke UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, demikian dikutip Didalam laman kampus tersebut.

Pria Didalam gelar Prof Dr Abdul Mu’ti MEd ini mengajar Ke Inisiatif studi Pembelajaran Agama Islam, UIN Jakarta. Sebagai dosen dan akademisi, Abdul aktif meneliti dan membagikan ilmu seputar Pembelajaran berbasis agama Islam.

Ia juga sering menyuarakan soal pluralisme dan Keamanan Dunia. Dilihat Didalam jejak risetnya Ke Google Scholar, Abdul pernah mengkaji soal konvergensi Muslim dan Kristen Untuk Pembelajaran, Kekejaman seksual Ke pesantren, pluralisme Untuk Pembelajaran Muhammadiyah, dan masih banyak lagi.

Riwayat Pembelajaran Abdul Mu’ti

Sebagai seorang Guru Besar, tentunya riwayat Pembelajaran Abdul tak perlu Diperjuangkan. Abdul sendiri adalah alumni Didalam UIN Jakarta tempatnya kini mengajar.

Lebih lengkapnya, ini riwayat Pembelajaran Abdul

1. Madrasah Ibtidaiyah Manafiul Ulum Kudus
2. Madrasah Tsanawiyah Negeri Kudus
3. Madrasah Aliyah Negeri Purwodadi Filial Kudus
4. Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang
5. Sekolah Pembelajaran Universitas Flinders, Adelaide, Australia
6. Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Berdasarkan data yang dihimpun Didalam detikX, Kementerian Pembelajaran, Kebudayaan, Studi, dan Keahlian yang kini dikenal sebagai Kemendikbudristek rencananya Berencana dipecah menjadi tiga kementerian.

Prabowo memutuskan hal demikian agar bisa menampung beberapa nama kompeten yang diusulkan partai. Selain Kemendikbudristek, kementerian lain seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga dipecah menjadi dua.

(cyu/faz)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: Profil Abdul Mu’ti, Pembantu Presiden Pembantu Presiden Pembelajaran Dasar dan Menengah Era Pembantu Presiden Kerja Prabowo