Daftar Peraih Nobel 2024 beserta Karyanya, Ada Bapak AI-Novelis Asal Korsel



Jakarta

Apresiasi Nobel Prize 2024 telah diberikan kepada ilmuwan hingga organisasi Mutakhir-Mutakhir ini. Nobel sendiri merupakan Apresiasi bergengsi yang diakui Di tingkat dunia.

Nobel Prize menganugerahkan lima kategori bidang yakni fisika, kimia, kedokteran, sastra, dan Keamanan Dunia. Para peraih Nobel ini tentunya bukan sembarangan orang.

Mereka adalah sosok-sosok yang mempunyai karya dan Pembaharuan Penghormatan dan dampaknya besar Di dunia keilmuan maupun sosial. Bisa dikatakan, para peraih Nobel telah Menyediakan manfaat besar Untuk kehidupan manusia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sosok terkenal yang didaulat meraih Apresiasi ini contohnya adalah Albert Einstein sebagai penerima Nobel Fisika tahun 1921. Agar, Apresiasi ini sudah diakui Di berpuluh-puluh tahun.

Karena Itu, siapa saja para peraih Nobel Prize tahun 2024? Mengutip laman The Nobel Prize, berikut daftarnya:

Daftar Peraih Nobel Prize 2024 dan Profil Singkatnya

1. Nobel Fisika

Peraih Nobel fisika tahun ini adalah dua ilmuwan yang sama-sama merupakan penggagas kecerdasan buatan atau Ai (AI). Mereka adalah John Hopfield dan Geoffrey Hinton.

Mereka diganjar Nobel fisika atas penemuannya sistem pembelajaran mesin. Hinton adalah seorang profesor Di Universitas Toronto sedangkan Hopfield seorang profesor Di Universitas Princeton.

Hopfield telah menciptakan memori asosiatif yang dapat menyimpan dan merekonstruksi gambar lewat data. Sambil Hinton, ia terkenal sebagai ‘Bapak AI’ Lantaran telah membuka jalan lahirnya Keahlian AI Di masa kini.

Hal yang Memikat Untuk Hinton, dia kini sering menyerukan bahaya AI Di masa Di. Itupun yang menjadi alasan dirinya hengkang Untuk perusahaan yang telah membesarkan namanya yakni Google Lantaran ingin lebih bebas Merundingkan bahaya AI kepada Kelompok.

2. Nobel Kimia

Nobel Berikutnya adalah kimia, berhasil diraih Di David Baker, Demis Hassabis, dan John Jumper. Nobel kimia tahun ini disuguhkan kepada para ilmuwan yang berhasil Membeberkan rahasia protein lewat AI.

Hassabis dan Jumper Membuat sistem AI Sebagai Meramalkan struktur protein kompleks. Adapun Baker, ia telah berhasil menciptakan sejenis protein Mutakhir.

Baker adalah seorang warga Amerika Serikat dan seorang profesor Di University of Washington, Seattle. Sambil Hassabis dan Jumper adalah karyawan Di Google DeepMind.

3. Nobel Sastra

Ada hal yang Mutakhir Untuk sejarah penerima Nobel Sasra 2024. Peraih Apresiasi ini tahun 2024 jatuh kepada seorang penulis asal Korea Selatan yakni Han Kang.

Ia diganjar Apresiasi bergengsi ini atas prosa puitisnya yang banyak bertema soal trauma historis dan kerapuhan hidup manusia. Wanita kelahiran tahun 1970 ini memang merupakan novelis populer Di Negeri Gingseng.

Ia lahir Untuk keluarga sastrawan Di mana sang ayah pun adalah seorang novelis terkenal. Beberapa karya tulis Han Kang Di lain Love of Yeosu (1995), Baby Buddha (1999), Your Cold Hands (2002), Mya Name is Sun Flower (2002), Quietly Sung Songs (2007), The Vegetarian (2007), Human Acts (2014), dan masih banyak lagi.

4. Nobel Kedokteran

Nobel Kedokteran 2024 dibawa pulang Di dua ilmuwan asal Amerika Serikat (AS). Mereka meraihnya atas Pembaharuan soal mikro RNA Untuk regulasi gen pascatranskripsi.

Keduanya bekerja Sebagai mengidentifikasi fungsi mikroRNA Untuk tubuh. Meski bekerja Di dua laboratorium terpisah, tetapi mereka menggabungkan hasil Kajian masing-masing dan menciptakan pengetahuan soal miRNA secara menyeluruh.

Mikro RNA memang berperan penting Untuk regulasi gen yang Mutakhir. Di mengetahui ilmu soal MiRNA, maka pemahaman Yang Terkait Di fisiologi sel, embriologis hingga kanker bisa Lebihterus berkembang juga.

Keduanya adalah Victor Ambros, ilmuwan Di laboratorium Universitas Harvard dan Gary Ruvkun, peneliti Di Fasilitas Medis Umum Massachusetts, AS.

5. Nobel Keamanan Dunia

Nobel Keamanan Dunia tahun ini diraih Di sebuah organisasi Untuk Jepang yakni Nihon Hidankyo. Organisasi ini menjadi wadah Bagi para penyintas bom Hiroshima dan Nagasaki.

Di Di Itu, Nihon Hidankyo selalu Berusaha Untuk mewujudkan dunia bebas senjata nuklir. Mereka selalu menyuarakan bahaya Untuk senjata dan bom nuklir Bagi kehidupan manusia.

Pergerakan mereka pun telah menciptakan norma internasional berupa “tabu nuklir”. Norma tersebut menstigmatisasi senjata nuklir tidak bisa diterima secara moral.

Itulah beberapa peraih Nobel Prize tahun 2024. Semoga sosok-sosoknya dapat menginspirasi detikers ya!

(cyu/faz)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: Daftar Peraih Nobel 2024 beserta Karyanya, Ada Bapak AI-Novelis Asal Korsel