ITB Siapkan Keputusan AI Sebagai Perkuliahan, Mahasiswa Didorong Sebagai Pakai!



Jakarta

Institut Ilmu Pengetahuan Bandung (ITB) Akansegera susun Keputusan integrasi Kecerdasan Buatan (AI) Di proses perkuliahan. Hal ini menjadi tanda transformasi Pembelajaran Hingga ITB.

Kepala Subdirektorat Perancangan Ilmu Pengetahuan dan Konten Pembelajaran, Direktorat Pembaruan Pembelajaran (Ditbandik) ITB, Allya Paramita Koesoema ST MT Phd Berkata berbagai fakultas dan sekolah Hingga kampusnya sudah Memperoleh contoh Wacana pembelajaran yang terintegrasi Bersama AI. Seluruh proses penggunaannya Akansegera diawasi Dari satuan tugas (Satgas) AI ITB.

“Satgas AI memastikan ITB dapat Menyesuaikan Di pemakaian AI dan diharapkan dapat menjadi leading,” ujarnya dikutip Di rilis Hingga laman ITB, Sabtu (12/10/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selaraskan Bersama Panduan AI Ditjen Dikti

Keputusan mengenai penerapan AI Hingga ITB sudah memasuki tahapan finalisasi. Nantinya, Keputusan ini Akansegera diselaraskan Bersama panduan Di Direktorat Jenderal Pembelajaran Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pembelajaran, Kebudayaan, Kajian, dan Ilmu Pengetahuan yang juga Terbaru diluncurkan Ke Jumat, 11 Oktober 2024 kemarin.

Ketika sudah diresmikan, Allya Berkata bila pihak kampus Merangsang mahasiswa menggunakan AI Di berkuliah. Bersama catatan penggunaan hanya bersifat Sebagai mendukung capaian pembelajaran.

“Yang tidak boleh itu adalah yang seharusnya dia bisa melakukan X, Akan Tetapi X-nya digantikan Dari AI. Pengaturan AI itu Sebagai membantu mahasiswa mencapai capaian pembelajarannya Bersama tetap menjaga integritas, akademik, etika, dan Kepribadian data,” tambah Allya.

Tidak hanya Sebagai mahasiswa, Hingga depannya ITB juga Melakukan kegiatan peningkatan dan pemerataan kompetensi dosen. Kegiatan ini Akansegera dilakukan Di berbagai bentuk, salah satunya open course.

Panduan AI Resmi Kemendikbudristek

Seperti yang disebutkan Sebelumnya, Kemendikbudristek Terbaru saja Menerbitkan panduan penggunaan AI Sebagai mahasiswa dan dosen bertajuk Panduan Penggunaan Generative Kecerdasan Buatan (GenAI). Secara garis besar, panduan ini Menyediakan informasi tentang:

  • Penggunaan generative AI Dari mahasiswa dan dosen
  • Kemungkinan penggunaan AI
  • Ragam Langkah generative AI
  • Etika penggunaan AI
  • Literasi AI
  • Tantangan dan risiko generative AI
  • Strategi Pra-Penanganan risiko generative AI
  • Pertimbangan pemilihan generative AI.

Seluruh mahasiswa dan dosen bisa membaca panduan ini secara gratis Lewat tautan Jangan lupa Sebagai Hingga cek ya detikers!

(det/pal)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: ITB Siapkan Keputusan AI Sebagai Perkuliahan, Mahasiswa Didorong Sebagai Pakai!