Pengajuan Prodi Terbaru PTKI Kembali Dibuka hingga 31 Oktober 2024, Apa Syaratnya?



Jakarta

Direktorat Belajar Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama (Kemenag) kembali membuka kesempatan Untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang ingin mengajukan Inisiatif studi (prodi) Terbaru. Pendaftaran bisa dilakukan Ke 1 – 31 Oktober 2024.

“Kami buka kembali pendaftaran pengajuan prodi Untuk PTKI. Ini dibuka Di sebulan, Di 1 – 31 Oktober 2024,” ujar Direktur Belajar Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ahmad Zainul Hamdi dilansir Di laman Kemenag, Rabu (2/10/2024).

Syarat Pengajuan Prodi PTKI

Ahmad Sesudah Itu menjabarkan hal-hal penting yang harus disiapkan Di mengajukan prodi. Pertama, pastikan mutu prodi terjamin.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kedua, PTKI juga harus memastikan bahwa prodi Terbaru yang Akansegera dibuka nantinya mempunyai dosen Di latar Di ilmu yang linier. Lalu, Ahmad meminta PTKI Sebagai memastikan kurikulum dan berbasis Outcome-Based Education (OBE) sudah jelas.

Hal penting lainnya yang Akansegera mendukung pendirian prodi Terbaru PTKI berjalan lancar adalah Dukungan Perbankan. Komponen ini tentunya Akansegera membuat sarana-prasarana menjadi lebih memadai.

“Ini Sebagai memastikan bahwa prodi yang diajukan Memiliki pondasi kuat, tidak hanya secara administratif tetapi juga substansial,” kata Ahmad.

Khusus Sebagai prodi S2, Ahmad meminta PTKI memastikan terlebih dahulu Standar prodi S1-nya. Ia menegaskan pengajuan ini tak boleh dilakukan secara sembarangan.

“Pihak yang hendak mengajukan pembukaan prodi Terbaru juga diminta Sebagai Merencanakan aspek, termasuk peminat, penyerapan lulusan Ke Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Angkatan Kerja (DUDIKA),” sebutnya.

Prosedur Pengajuan Prodi Terbaru Ke PTKI

Ahmad mengatakan pengajuan prodi bisa dilakukan secara online lewat Pusaka SuperApp versi Android. Langkah pengajuan secara online ini dilakukan guna meminimalisir Komitmen fisik yang Berpotensi Sebagai menimbulkan penyelewengan.

“Pengajuan perizinan prodi tidak lagi membutuhkan rekomendasi Di Kopertais. Ini Sebagai memotong birokrasi, Sebab sistem yang dikembangkan sudah cukup,” ujarnya.

Sesudah prodi Merasakan izin pembukaan, pengelola prodi Lanjutnya harus mengurus akreditasi. Hal ini Sebagai memastikan status legal dan nasib mahasiswa.

Kendati masih prodi Terbaru, Ahmad meminta kampus bisa memaksimalkan perkuliahan Untuk mahasiswa. Keseriusan proses pembelajaran dapat memengaruhi kepercayaan Kelompok.

“Direktorat PTKI memastikan bahwa semua layanan Yang Berhubungan Di pengajuan prodi dan izin operasional dapat diakses secara mudah Lewat Pusaka Superapps versi Android, yang menjadi platform resmi Sebagai seluruh layanan Belajar tinggi,” tegasnya.

Kasubdit Pengembagan Akademik Imam Bukhori mengatakan Ke depannya pembukaan prodi Ke PTKI Akansegera dilakukan dua kali Di setahun. Gelombang 1 Ke Februari dan Maret, gelombang 2 Ke Juli dan Agustus.

“Tentu, layanan ini Akansegera terus dievaluasi sesuai perkembangan regulasi terbaru dan Situasi,” kata Iman.

(cyu/nah)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: Pengajuan Prodi Terbaru PTKI Kembali Dibuka hingga 31 Oktober 2024, Apa Syaratnya?