E-Sport Masuk Kurikulum Prodi Vokasi UI, Bagaimana Di Kampus Lain?


Jakarta

Bukan hanya hiburan semata, e-sports terus Merasakan perkembangan pesat Di Indonesia. Terlebih Kementerian Pemuda dan Aktivitasfisik (Kemenpora) telah meresmikan e-sports sebagai salah satu cabang Aktivitasfisik.

Agar bidang ini Memiliki potensi besar sebagai Kemungkinan karier yang menjanjikan Di masa Di. Potensi besar ini tak dilewatkan Bersama Inisiatif Pembelajaran Vokasi Universitas Indonesia (UI) Melewati Inisiatif studi (prodi) Produksi Media yang mulai memasukan e-sports Untuk kurikulumnya.

Direktur Inisiatif Pembelajaran Vokasi UI, Padang Wicaksono SE PhD menjelaskan Melewati kurikulum e-sports mahasiswa tidak hanya bermain game semata. Tetapi bisa mengarahkan passionnya Di jalur yang lebih positif dan produktif.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Banyak mahasiswa yang suka bermain game Di Universitas Indonesia. Mudah-mudahan teman-teman yang Memiliki passion tersebut bisa mengembangkannya Di arah yang lebih positif, Justru menjadi salah satu profesi yang menjanjikan Di masa Di,” ujar Padang dikutip Bersama rilis UI, Kamis (26/9/2024).

Hadirnya kurikulum e-sports Di prodi Produksi Media Vokasi UI bertujuan Sebagai Membuat ilmu Terbaru Di bidang ini. Di depannya, kurikulum ini juga bisa membuka Kemungkinan karier yang lebih luas Untuk mahasiswa.

Tidak sendirian, Vokasi UI juga berkolaborasi Bersama salah satu organisasi e-sports terbesar Di Indonesia yakni EVOS E-sports. Kolaborasi ini memungkinkan mahasiswa tidak hanya belajar teori tetapi juga Memperoleh Penghayatan langsung Bersama profesional Di industri.

Kurikulum yang ditawarkan bersifat dinamis dan Berencana selalu diperbarui sesuai kebutuhan industri. Agar mahasiswa siap bersaing Di pasar kerja yang Bersaing.

Berbagai materi yang Berencana dipelajari yakni seperti bidang manajemen Olahragawan, pengelolaan Liga, shoutcasting, hingga manajemen produksi.

Bidang Game Di Pembelajaran Tinggi Indonesia

Tidak hanya UI, ada berbagai kampus Indonesia yang membuka prodi Yang Berhubungan Bersama Bersama e-sports ataupun games secara lebih umum. Berikut daftarnya dikutip Bersama laman Indonesia Baik Kementerian Informasi dan Komunikasi:

1. Prodi E-Sports

Melewati prodi e-sports mahasiswa diberikan fasilitas Sebagai Membuat minat dan bakatnya. Agar ketika lulus, ia menjadi profesional Di bidang dunia e-sports.

Mahasiswa juga memfokuskan minat baik menjadi Olahragawan e-Sports professional, e-Sports manager, e-Sports coach, e-Sports analist, broadcaster, brand ambassador, dan Justru menjadi eSports event management. Prodi ini bisa ditemukan Di Universitas Dian Nuswantoro.

2. Prodi Cara Rekayasa Gadget Lunak

Prodi ini mahasiswa Berencana mampu merancang dan Membuat Gadget lunak Bersama mengikuti proses dan metode rekayasa yang digunakan Ke ragam Inisiatif. Termasuk juga Bersama game.

Jurusan ini tersedia Di sejumlah kampus Indonesia, seperti Universitas Prasetya Mulya, Institut Ilmu Pengetahuan Telkom Purwokerto, dan Universitas Informatika dan Usaha Indonesia.

3. Prodi Ilmu Pengetahuan Games

Prodi Ilmu Pengetahuan Games mengajarkan kemampuan teknis seperti merancang dan membuat game, menguasai Koding Mesin yang berhubungan Bersama game, hingga kemampuan grafik dan audio. Kamu bisa menemukan jurusan ini Di:

  • Politeknik Elektronik Negeri Surabaya
  • Universitas Multimedia Nusantara
  • Institut Ilmu Pengetahuan Bandung (Inisiatif S-2)
  • Institut Ilmu Pengetahuan Sepuluh Nopember (Inisiatif S-2).

4. Prodi Game Animasi

Mahasiswa bisa mempelajari media terapan Di industri game seperti animator 2D/3D, desainer karakter, pengembang pemula industri animasi, desainer game/multimedia, pengembang pemula industri game, hingga desainer asset game. Prodi ini bisa ditemukan Di:

  • Universitas Negeri Malang
  • Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta (MMTC)
  • Institut Karyaseni Indonesia Yogyakarta (ISI)

5. Prodi Inisiatif dan Ilmu Pengetahuan Seluler

Lebih umum, jurusan ini Menyediakan mahasiswa pemahaman tentang Ilmu Pengetahuan seluler/nirkabel, Ilmu Pengetahuan yang dapat dikenakan, sistem tertanam dan Jaringan of things (IoT), bagaimana Ilmu Pengetahuan ini digunakan dan diintegrasikan Sebagai memenuhi kebutuhan Usaha tertentu, termasuk games. Prodi ini tersedia Di kampus Bina Nusantara University.

Itulah informasi Yang Berhubungan Bersama kurikulum e-sports Di prodi vokasi UI dan kehadiran prodi serupa Di kampus-kampus Indonesia. Tertarik Sebagai Bersama Sebab Itu mahasiswa Ke salah satu prodi Di atas?

(det/nwy)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: E-Sport Masuk Kurikulum Prodi Vokasi UI, Bagaimana Di Kampus Lain?