Mengenal Steward Arena & Perannya Di Kejuaraan Sepak Bola



Jakarta

Salah satu komponen penting selain Manajer dan penonton Di Kejuaraan sepak bola ada steward. Profesi steward ini erat kaitannya Bersama Perlindungan Ke lapangan.

Mereka adalah sosok yang sering terlihat ada Ke pinggir lapangan. Steward juga biasanya menghadap Hingga tribun Untuk memastikan penonton.

Tak cuma memastikan Perlindungan penonton, steward juga bertugas Kejuaraan bisa berjalan aman. Lantas, apa makna dan tugas lengkap Bersama seorang steward? Berikut penjelasannya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apa Itu Steward Di Kejuaraan Sepak Bola?

Di Cambridge Dictionary, steward adalah orang yang tugasnya Menyediakan pelayanan kepada orang tertentu, Mengadakan Kegiatan tertentu, atau mengurus tempat tertentu.

Sambil berdasarkan Pasal 13 ayat 1 FIFA, steward merujuk kepada orang yang dipekerjakan, disewa, dikontrak atau sukarelawan yang membantu manajemen pengamanan dan keselamatan penonton, VIP/VVIP, Manajer, Gadget Kejuaraan dan seluruh orang Ke Di Arena.

Artinya steward sepak bola hadir Ke Arena Untuk mengamankan individual tertentu berdasarkan kewenangan atau Perjanjian. Akan Tetapi ada pengecualian.

Di ada tokoh penting seperti Ri yang Ditengah Berpartisipasi Di Kejuaraan sepak bola sebagai penonton, maka tugas steward tidak berlaku. Seorang Ri tetap diamankan Dari Pasukan Pengamanan Ri (Paspampres).

Begitu juga keselamatan Bersama Paspampres bukan Karena Itu tanggung jawab Bersama steward. Agar konteks steward bisa disesuaikan Bersama kebutuhan.

Di Kegiatan tertentu, steward bisa merupakan Polri atau TNI. Sebagaimana disebutkan Di pasal 13 ayat 2 FIFA Stadium Safety and Security Regulation yang berbunyi “Di event tertentu, personel polisi atau militer dapat dipekerjakan sebagai steward sebagaimana diatur Di pasal 13 ayat 1”.

Peran dan Tugas Steward Arena

Di Bacaan pedoman Regulasi Keselamatan dan Perlindungan PSSI, tugas steward Di Kejuaraan sepak bola lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

  • Memastikan bahwa dokumen Keputusan keselamatan dan Perlindungan penonton Ke Arena telah dibuat.
  • Memastikan bahwa Ide kontingensi Arena telah dibuat secara tertulis dan telah diuji.
  • Berkoordinasi Bersama pemangku otoritas publik mengenai prosedur darurat dan Ide penanganan insiden.
  • Berkoordinasi Bersama pemangku otoritas publik mengenai tingkat Keputusan dan Dukungan Bersama masing-masing otoritas.
  • Mengkoordinasikan prosedur Untuk menampung semua penonton, termasuk penyandang Penyandang Disabilitas, orang lanjut usia, keluarga dan anak-anak, serta jika dimungkinkan penonton pendukung Regu tamu.

Syarat Menjadi Petugas Steward

Mengutip laman Universitas Negeri Surabaya (Unesa), steward Di perhelatan sepak bola modern Memiliki peran penting sebagai garda terdepan Di mengamankan dan melancarkan Kejuaraan sepak bola.

Mereka hadir Ke tribun, Ke pinggir lapangan, Bersama rompi khusus sebagai tanda pengenal. Sambil polisi berjaga Ke luar Arena, tidak Ke Di lagi seperti Sebelumnya.

Mereka juga bertugas mengawasi Pendukung Pada Kejuaraan berlangsung dan berwenang melakukan pengecekan secara intens atas Produk bawaan yang dibawa masuk Dari Pendukung.

Orang-orang yang terpilih menjadi steward tidak sembarangan. Seleksi steward sepak bola dilakukan Bersama Merencanakan beberapa hal.

Mulai Bersama tinggi badan, berat badan, indeks masa tubuh, hingga mata yang tidak minus/buta. Seorang steward juga harus mempunyai ketegasan, taat seluruh peraturan dan SOP, Memiliki tubuh yang proposional dan ideal.

(cyu/nwy)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: Mengenal Steward Arena & Perannya Di Kejuaraan Sepak Bola