Pendaftaran KIP Kuliah 2024 sampai Kapan? Ini Batas Waktunya



Jakarta

Pemerintah Indonesia telah menjamin keberlangsungan Pembelajaran Untuk mahasiswa yang tidak mampu lewat Pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Tahun ini, jumlah penerima KIP Kuliah lebih banyak Di tahun Sebelumnya.

Kuota KIP Kuliah Untuk tahun 2024 adalah 200.000 penerima. Berdasarkan data per 29 Juli 2024, sudah ada 853.393 mahasiswa yang mendaftar KIP Kuliah.

“Tahun 2023 lalu, jumlah pendaftar mencapai 1 juta lebih. Sambil alokasi anggarannya hanya Untuk 161 ribu mahasiswa. Ini artinya hanya Di 20 persen yang memperoleh KIP Kuliah,” tutur Plt Kepala Puslapdik, Abdul Kahar dikutip Di laman Puslapdik, Senin (26/8/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pendaftaran KIP Kuliah sudah dibuka Dari 29 Juli 2024. Sampai kapan mahasiswa bisa daftar KIP Kuliah?

Batas Waktu Pendaftaran KIP Kuliah 2024

Pendaftaran KIP Kuliah bisa dilakukan mulai 29 Juli 2024 hingga 31 Oktober 2024. Batas waktu ini berlaku Untuk Kandidat mahasiswa yang belum daftar sama sekali.

Sambil Itu, Untuk mahasiswa yang sudah lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024, serta sudah daftar, bisa segera melakukan reclaim akun KIP Kuliah hingga 30 Agustus 2024.

Mahasiswa yang tinggal me-reclaim harus melengkapi data Ke formulir pendaftaran, mengunggah ulang dokumen yang diminta, mencetak formulir dan kartu peserta KIP Kuliah.

Syarat Daftar KIP Kuliah 2024

1. Lulus Di SMA/SMK/sederajat Ke tahun 2022, 2023, atau 2024.
2. Telah dinyatakan diterima Ke PTN/PTS/perguruan tinggi vokasi yang terakreditasi dan Ke prodi yang juga sudah terakreditasi Ke sistem akreditasi nasional.
3. Memiliki potensi akademik tapi masih terbatas secara ekonomi atau berasal Di keluarga miskin, dibuktikan Di:
– Pemilik KIP Pembelajaran menengah
– Tercatat Di Data Terpadu Kesejaganan Sosial (DTKS) atau penerima Langkah Pemberian sosial yang ditetapkan kementerian yang berurusan Di bidang sosial misalnya mahasiswa adalah penerima Langkah Keluarga Harapan (PKH) atau pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
4. Masuk Hingga Di kelompok Kelompok miskin/rentan miskin maksimal Ke desil 3 Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Global Ekstrem (PPKE) yang ditetapkan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.
5. Mahasiswa berasal Di panti asuhan/panti sosial.
6. Jika tidak memenuhi kelayakan salah satu syarat kelayakan Ke atas, maka mahasiswa bisa tetap mendaftar jika syarat ekonomi berikut terpenuhi:
– Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal Rp 4 juta per bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750 ribu.
– Bukti keluarga miskin Di bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan dan dilegalisasi Dari pemerintah, minimum tingkat desa/kelurahan

Cara Daftar KIP Kuliah 2024

  1. Masuk Hingga laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
  2. Membuat akun secara mandiri atau bisa didaftarkan perguruan tinggi tempat mahasiswa diterima.
  3. Untuk mendaftarkan akun, mahasiswa harus mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  4. Lalu, Kandidat penerima memasukkan email aktif Untuk Merasakan informasi Nomor Pendaftaran dan Kode Akses.
  5. Sistem KIP Kuliah Merdeka Berikutnya Berencana melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan Merasakan KIP Kuliah Merdeka.
  6. Pendaftar menyelesaikan proses pendaftaran Ke laman KIP Kuliah Merdeka sesuai jalur seleksi yang dipilih Melewati jalur Mandiri.
  7. Jika berhasil diterima Ke perguruan tinggi, maka bisa melakukan verifikasi Di Detail Ke perguruan tinggi tempat pendaftar diterima.

Keuntungan Penerima KIP Kuliah

Mahasiswa penerima KIP Kuliah Berencana Menyambut Pemberian berupa biaya Pembelajaran dan biaya hidup. Akan Tetapi, besar Pemberian setiap mahasiswa berbeda tergantung Di akreditasi kampus dan prodinya.

Penerima yang berkuliah Ke prodi akreditasi Unggul (A) maksimal memperoleh biaya Pembelajaran Rp 8 juta. Sedangkan prodi akreditasi Baik Sekali (B) maksimal Rp 4 juta dan prodi akreditasi Baik (C) maksimal Rp 2,4 juta.

Sedangkan besaran biaya hidup bergantung Ke klaster Area Di pembagian kelompok 1 Rp 800 ribu, kelompok 2 Rp 950 ribu, kelompok 3 Rp 1,1 juta, kelompok 4 Rp 1,25 juta, dan kelompok 5 Rp 1,4 juta.

Itulah informasi batas waktu pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2024. Tunggu apalagi, ayo segera daftarkan dirimu detikers!

(cyu/nwy)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: Pendaftaran KIP Kuliah 2024 sampai Kapan? Ini Batas Waktunya