Bangga! Mahasiswa RI Raih 5 Medali Ke WorldSkills Competition 2024



Jakarta

Kabar baik kembali datang Di putra bangsa. Kontingen Indonesia perwakilan Ke WorldSkills Competition 2024 berhasil menyabet lima medali Ke ajang yang digelar Ke Lyon, Prancis tersebut.

Para peraih Apresiasi Di lain Favian Ahza Putra Sobar, Cahyo Dwi Prayogo, Mohamad As’ari, Denny Syahrul Arfiansyah, Ahmad Yogi Fernanda, dan Reho Kurnia.

Rincian Perolehan Medali RI Ke WorldSkills Competition 2024

Medali emas diraih Didalam Favian Ahza Putra Sobar Di Universitas Mesin Indonesia Bagi bidang IT Network System Administration. Medali emas juga diraih Cahyo Dwi Prayogo (alumnus SMKN 8 Jember) dan Mohamad As’ari (alumnus SMKN 2 Sragen) Ke bidang Rail Vehicle Technology.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lalu, medali perak berhasil diraih Didalam Fikhi Akmal, mahasiswa Politeknik Negeri Bandung, Bagi bidang lomba Electronic. Sambil Apresiasi Medal for Excellence bidang Industrial Control dibawa pulang Didalam Reho Kurnia, alumnus SMK Tunas Harapan Pati.

Medal for excellence juga diraih Didalam Denny Syahrul Arfiansyah dan Ahmad Yogi Fernanda Bagi bidang Autonomous Mobile Robotic. Denny dan Ahmada merupakan mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Adapun Medal for Excellence adalah Apresiasi yang diberikan kepada peserta yang memperoleh nilai 500 atau lebih. Peraih Apresiasi tersebut termasuk juga diakui keahliannya Didalam dunia.

Tantangan Peserta Ke WorldSkills Competition 2024

Favian, sebagai peraih medali emas mengatakan bahwa proses seleksi Bagi bisa ikut Ke WorldSkills Competition 2024 tidak mudah. Justru, ia sudah menyiapkannya semasa SMK.

Ketika SMK saya terbiasa diberi materi Yang Berhubungan Didalam IT yang terus diperbaharui sesuai Didalam perkembangan Internasional. Inilah yang menjadi bekal buat saya Di mengikuti ajang WSC 2024,” ucap Favian Di keterangan resminya, dikutip Kamis (19/9/2024).

Di Kejuaraan ini, Favian dan lainnya harus menyelesaikan empat tantangan. Ia bersyukur bisa melewati semuanya dan akhirnya memboyong emas Bagi Indonesia.

“Semoga ini dapat memacu semangat para pelajar SMK Bagi Lebih mendalami konsentrasi keahlian yang telah mereka pilih,” kata Favian.

Peserta lainnya yakni Fikhi merasa banga sekaligus tak menyangka bisa meraih medali perak, Menurutnya, lomba Ke bidang elektronik biasanya didominasi Didalam Skuat Di Cina, Swiss, Korea, dan Taiwan.

“Awalnya tidak menyangka Lantaran semua Skuat sangat bagus dan bidang Electronic ini Pada ini selalu dimenangkan Didalam China, Swiss, dan Korea atau Taiwan. Apalagi persiapan kita cukup terbatas,” ujar Fikhi.

Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Maria Veronica Irene Herdjiono mengatakan para peraih medali ini adalah kandidat terbaik yang lolos Ke seleksi nasional.

“Persiapan yang relatif singkat. Akan Tetapi, Di Di kami berkomitmen Bagi Memperbaiki raihan prestasi serupa Didalam cara Memperbaiki proses seleksi dan berkolaborasi Didalam DUDI Bagi melihat potensi cabang yang bisa kita ikuti,” ucap Irene.

Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pembelajaran Vokasi Kemendikbudristek Tatang Muttaqin mengatakan capaian para pelajar RI menjadi kebanggaan Bagi bangsa.

“Ini adalah raihan yang sangat baik dan membanggakan, tidak hanya Bagi peserta, tetapi Bagi bangsa Indonesia,” ujar Tatang.

(cyu/twu)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: Bangga! Mahasiswa RI Raih 5 Medali Ke WorldSkills Competition 2024