Ingin Karena Itu Koordinator Kampus Mengajar Angkatan 8? Begini Caranya


Jakarta

Kampus Mengajar Angkatan 8 buka kesempatan menjadi koordinator Inisiatif atau bisa disebut sebagai Caraka. Pendaftaran dibuka hingga 1 September Lewat tautan bit.ly/PendaftaranCarakaKM8.

Di dasarnya, Caraka adalah perwakilan mahasiswa Untuk setiap provinsi penugasan Inisiatif Kampus Mengajar Angkatan 8. Nantinya, mereka Berencana terlibat secara aktif Untuk kelancaran komunikasi antar sesama peserta dan Regu Inisiatif Kampus Mengajar.

Lewat Caraka, mahasiswa juga Berencana diajak mengasah jiwa kepemimpinan mereka dan berbagai manfaat lainnya. Seperti pelatihan Pembuatan diri, sertifikat, dan jejaring Di mahasiswa lintas provinsi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berminat mendaftar? Berikut informasinya dikutip Untuk postingan Instagram Kampus Mengajar, Rabu (28/8/2024).

Persyaratan Pendaftaran Caraka Kampus Mengajar Angkatan 8

Adapun berbagai persyaratan yang perlu dipenuhi Kandidat Caraka yakni:

1. Mahasiswa peserta aktif Inisiatif Kampus Mengajar Angkatan 8.

2. Memperoleh komitmen Bagi aktif menjadi Caraka hingga akhir penugasan.

3. Mengisi Asesmen Tilik Diri (ATD) Di tautan paling lambat 1 September 2024. Sebagai informasi ATD yang dimaksud sama Di ATD yang perlu diisi sebagai mahasiswa peserta Inisiatif Kampus Mengajar Angkatan 8.

4. Mengisi kuesioner ketangguhan diri Di tautan . Kuesioner ketangguhan diri harus diisi Sebelumnya mengisi formulir pendaftaran.

5. Mengisi formulir pendaftaran Di baik dan benar.

6. Mengunggah Curriculum Vitae (CV) Di Untuk formulir.

7. Membuat esai Di maksimal 300 kata Di format:

  • Identitas diri (nama lengkap, ID kegiatan, dan asal perguruan tinggi).
  • Ceritakan Penghayatan Anda Berusaha Mengatasi perbedaan pendapat dan bagaimana cara anda mengatasinya, serta apa hasil Untuk strategi Anda tersebut?
  • Ceritakan Penghayatan Anda ketika Merasakan kabar tidak jelas kebenarannya yang berpengaruh Di diri Anda dan bagaimana Anda menghadapinya, serta apa hasil Untuk pilihan tindakan Anda tersebut?
  • Esai dibuat Di Untuk Microsoft Word dan diunggah Di google drive Di format PDF.

8. Membuat video berdurasi maksimal 3 menit, Di format:

  • Perkenalan diri singkat dan ceritakan Penghayatan Anda Pada kuliah.
  • Ceritakan Penghayatan Anda Pada Merasakan tugas tambahan Di Ditengah tugas utama yang sudah banyak, bagaimana Anda mengatasinya, serta apa hasil Untuk strategi Anda tersebut?
  • Bagi kandidat yang lulus hingga tahap seleksi voting, video ini Berencana digunakan sebagai acuan mahasiswa KM melakukan voting.

9. Apabila Memperoleh Penghayatan organisasi/projek Pada kuliah, silahkan unggah sertifikat atau dokumen pendukung lain sebagai bukti Penghayatan organisasi/prestasi/projek Pada kuliah.

Peran Caraka Kampus Mengajar Angkatan 8

  1. Mendorong dan meneruskan diseminasi informasi Untuk Regu Inisiatif agar dapat diterima, direspon, dan diberi umpan balik Dari seluruh mahasiswa peserta Inisiatif Kampus Mengajar.
  2. Menyimak aspirasi mahasiswa dan Permasalahan yang Lagi berkembang Di Daerah masing-masing dan menyampaikannya kepada Regu Inisiatif.
  3. Membuat grup provinsi yang berisi keterwakilan mahasiswa Di setiap sekolah.
  4. Wajib bergabung Di grup yang berisi seluruh mahasiswa provinsi Bagi menjaring aspirasi dan Permasalahan.
  5. Menyusun strategi Untuk menjalankan peran sebagai Caraka sesuai Di kebutuhan dan Situasi provinsi masing-masing.

Mekanisme Rekrutmen Caraka Kampus Mengajar Angkatan 8

Beberapa tahapan yang harus dilalui mahasiswa sampai menjadi Caraka Kampus Mengajar Angkatan 8 yakni:

1. Pendaftaran

2. Seleksi Tahap I: seleksi administrasi, esai, dan video Dari Regu Inisiatif. Di seleksi ini Berencana menghasilkan maksimal 4 kandidat terbaik per provinsi yang Berencana lanjut Ke tahap seleksi berikutnya.

3. Seleksi Tahap II: leaderless group discussion (LGD) antar kandidat. Seleksi ini Berencana menghasilkan dua kandidat terbaik per provinsi yang Berencana lanjut Ke tahap seleksi berikutnya.

4. Seleksi Tahap III: voting Dari mahasiswa peserta Kampus Mengajar Angkatan 8. Melibatkan mahasiswa peserta Kampus Mengajar Angkatan 8 Bagi Memperoleh satu Untuk dua kandidat Caraka terbaik Di provinsinya.

Pemilihan dilakukan Lewat skema voting. Kandidat Di hasil voting tertinggi Berencana menjadi Caraka terpilih Di provinsinya.

Informasi Lebih Jelas bisa dicek Lewat media sosial Kampus Mengajar ya detikers. Selamat mendaftar!

(det/pal)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: Ingin Karena Itu Koordinator Kampus Mengajar Angkatan 8? Begini Caranya