3 Tokoh Penting yang Di Pemberontakan G30S PKI, Siapa Saja?



Jakarta

G30S PKI atau Gerakan 30 September menjadi peristiwa kelam Di sejarah Indonesia. G30S PKI ini selalu diperingati setiap tanggal tersebut.

Pasalnya, G30S PKI telah memakan korban sebanyak enam perwira militer yang merupakan perwira tinggi dan satu perwira pertama. Peristiwa ini pun menimbulkan berbagai dugaan konspirasi.

Terlebih soal tokoh-tokoh dalang pemberontakan. Siapa saja sosok yang terlibat Di peristiwa ini? Mengutip Literatur Modul Pembelajaran SMA Sejarah Indonesia Kelas XII (2020) Di Anik Sulistyowati, berikut tokoh-tokoh Di peristiwa G30S PKI:


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tokoh Di Pemberontakan G30S PKI

1. DN Aidit

DN (Dipa Nusantara) Aidit adalah tokoh yang cukup terkenal Di peristiwa G30S ini. Ia disebut sebagai dalang utama kudeta G30S PKI tahun 1965.

Aidit juga merupakan Ketua Comite Central (CC) Partai Komunis Indonesia. Ia lahir Ke Pangkal Lalang, Tanjung Pandan, Belitung, Ke 30 Juli 1923.

Sosok Aidit dituduh sebagai dalang Di peristiwa G30S PKI. Sebelumnya, ia memegang posisi sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Sambil Itu (MPRS) Tim Menteri Kerja Dwikora I.

Sesudah dituduh, Aidit sempat Berlari Hingga Yogyakarta. Tetapi, Ke akhirnya Aidit berhasil ditangkap dan dieksekusi Di militer.

2. Syam Kamaruzaman

Syam adalah Ketua Biro Khusus PKI. Ia bersama Aidit diduga merupakan otak Di Membunuh Orang Lain enam jenderal Ke peristiwa G30S PKI.

Sebagai Ketua Biro Khusus PKI, Syam bertugas memengaruhi kelompok tentara yang berhaluan kiri.

Ke akhirnya, Syam pun tertangkap Di tentara Ke Cimahi. Soal apakah dia dieksekusi atau masih hidup, tak ditemukan informasi terkaitnya.

3. Letkol Untung

Letkol Untung adalah Pimpinan Cakrabirawa. Dia menjabat sebagai komandan Batalyon KK I Cakrabirawa atau pengawal Pemimpin Negara Soekarno.

Untung juga pernah sebagai bawahan Pemimpin Negara Soeharto. Justru, ia memegang BIntang Sakti atas aksinya Di Operasi Trikora melawan tentara Belanda Ke Papua Barat.

Untung disebut sebagai pion terdepan yang menggerakkan pasukan Cakrabirawa Untuk menculik tujuh jenderal.

Teori Pemberontakan G30S PKI

Bicara soal tokoh G30S PKI, tak bisa terlepas Di teori seputar peristiwa ini. Teori pertama, ada yang menyebut bahwa pemberontakan berakar Di konflik internal Ke TNI AD.

Sebagaimana disebut Di Benedict Anderson dan Ruth McVey. PKI hanya dijadikan kambing hitam dan dijadikan objek bersalah Di pemberontakan.

Teori Berikutnya menyebut bahwa Di utama G30S PKI ini adalah Dale Scott dan Geoffrey Robinson Di CIA. Mereka diduga sebagai perpanjangan tangan Di Amerika Serikat.

Pada itu, Pemimpin Negara Soekarno cukup permisif Di ideologi komunisme. Sambil Itu CIA khawatir paham komunisme ini Akansegera merebak.

Pendapat lain juga ada yang mengatakan bahwa G3S PKI hanya Pada Di kepentingan Amerika Serikat dan Inggris. Sebagaimana ditulis Di Greg Poulgrain Di catatannya.

(cyu/pal)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: 3 Tokoh Penting yang Di Pemberontakan G30S PKI, Siapa Saja?