Ini 7 Kandidat Rektor UI Periode Tahun 2024-2029, Ada Bersama ITB



Jakarta

Panitia Khusus Pemilihan Rektor (Pansus Pilrek) Universitas Indonesia (UI) telah Mengintroduksi tujuh nama Kandidat rektor periode 2024-2029 yang tersaring. Sebelumnya Itu ada 13 bakal Kandidat rektor yang mendaftar.

Enam nama merupakan dosen Bersama UI sedangkan satu nama lagi adalah dosen Bersama luar kampus, Dia adalah Prof Khreshna Imaduddin Ahmad Syuhada Bersama Institut Ilmu Pengetahuan Bandung (ITB).

Ketujuh Kandidat rektor ini mempunyai latar Dibelakang yang berbeda. Mereka terpilih Setelahnya mengikuti rangkaian seleksi yang sangat ketat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mengutip laman UI, inilah daftar nama-nama Kandidat Rektor UI Periode 2024-2029:

Daftar Nama Kandidat Rektor UI Periode 2024-2029

  1. Agus Setiawan, S Kp MN DN (Fakultas Ilmu Keperawatan UI)
  2. Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG (Fakultas Kedokteran UI)
  3. Prof Dr Ir Heri Hermansyah, ST M Eng IPU (Fakultas Metode UI)
  4. Prof Kemas Ridwan Kurniawan, ST M Sc Ph D (Fakultas Metode UI)
  5. Prof Khreshna Imaduddin Ahmad Syuhada, S Si M Si M Sc Ph D (Institut Ilmu Pengetahuan Bandung)
  6. Prof Dr Ir Riri Fitri Sari, M Sc M M IPU (Fakultas Metode UI)
  7. Teguh Dartanto, Ph D (Fakultas Ekonomi dan Usaha UI)

Proses Seleksi Kandidat Rektor UI 2024-2029

Penyaringan Bersama 13 bakal Kandidat rektor (bacarek) menjadi 7 Kandidat rektor dilakukan Ke Gedung Pusat Administrasi UI, Kampus Depok Di Rabu (4/9/2024) lalu. Para bacarek dinilai Bersama Regu penilai yang merupakan pakar-pakar akademik.

Mereka yaitu Prof Dr Bambang Wibawarta, SS MA. (Ketua Pansus Pilrek UI), Prof Dr dr Budi Wiweko, Sp OG, Subsp FER MPH Int (Ketua Senat Akademik UI), Prof Harkristuti Harkrisnowo, SH MA PhD (Ketua Dewan Guru Besar UI), dan Prof Dr Ir Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA (Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Kandidat Rektor UI).

Para bacarek diminta Bagi menyampaikan profil diri, rekam jejak, prestasi, kemampuan entrepreneurship, Ide Langkah jika terpilih menjadi rektor, dan terobosan apa saja yang Berencana dibuat Bagi UI.

Ke Samping Itu, mereka juga memaparkan visi misi, wawasan seputar UI, Ide pembangunan jangka panjang UI, hingga Ide strategis soal Aturan umum. Menurut Ketua Pansus Pilrek UI, Prof Bambang hal yang penting soal bacarek ini adalah rekam jejaknya yang kuat.

“Kita harus tahu Bersama jelas apa latar belakangnya dan apa yang pernah dilakukan. Tidak Mungkin Saja seseorang yang belum pernah melakukan apa-apa tiba-tiba Berencana lompat jauh dan melakukan sesuatu yang sangat besar. Tentu kita harus memperhatikan track record-nya,” ujarnya.

Ia juga menyoroti kemampuan entrepreneurship bacarek. Skor ini sangat penting Di menghimpun dana lewat potensi yang dimiliki UI.

Kemampuan Di segi ekonomi rektor Mutakhir nantinya diharapkan bisa membuat UI dapat naik lagi posisinya baik secara nasional maupun Dunia. Rektor yang cakap Di ekonomi juga Berencana membuat UI dapat bekerja sama Bersama lebih banyak pihak.

“Dunia ini sangat dinamis. Lebih cepat perubahannya, tentu kita Berjuang Bersama tantangan yang berbeda. Rektor UI terpilih harus bisa menjawab tantangan-tantangan ini Bersama membangun sistem yang baik, membuat kerja sama yang baik, dan Memiliki kemampuan lain yang dibutuhkan UI,” ujarnya.

Kandidat Rektor Bakal Dapat Asupan Publik

Ketua MWA UI, Dr (HC) Yahya Cholil Staquf mengapresiasi para bacarek yang sudah mengikuti proses penjaringan Di ini. Menurutnya, diskusi pemilihan sangat ketat Lantaran melihat Mutu-Mutu bacarek sangat baik.

“Alhamdulillah, yang telah mendaftarkan diri Bagi mengikuti seleksi Kandidat rektor UI adalah figur-figur yang Memiliki kapasitas dan rekam jejak prestasi eksepsional yang sangat relevan Bersama kebutuhan dan tantangan-tantangan UI Ke Didepan. MWA harus melakukan diskusi yang ketat Di penyaringan menjadi 7 orang Kandidat dan insyaallah Lanjutnya Berencana menerapkan metode yang lebih ketat lagi hingga terpilih figur yang sungguh-sungguh terbaik Bagi memimpin UI,” katanya.

Di tahap penjaringan Lanjutnya, para Kandidat rektor Berencana Memperoleh asupan publik Bersama Kelompok. Publik bisa Menyediakan pendapatnya soal track record para Kandidat rektor Lewat laman www.pemilihanrektor.ui.ac.id Di 10-16 September 2024.

Asupan publik ini Berencana digunakan Bersama MWA UI sebagai pertimbangan. Lalu, panitia juga Berencana mendatangkan panelis pakar Di menyeleksi Kandidat rektor terbaik.

(cyu/nwy)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: Ini 7 Kandidat Rektor UI Periode Tahun 2024-2029, Ada Bersama ITB