Selamat! Profesor Perempuan UIN Jakarta Masuk Top 2% Scientists Worldwide 2024



Jakarta

Guru Besar bidang Pembelajaran Anak Usia Dini dan Keadaan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof Maila Dinia Husni Rahiem berhasil menjadi Top 2% Scientists Worldwide 2024. Prestasi ini sukses ia pertahankan Dari 2023 lalu.

Profesor Maila masuk Hingga kategori kedua Di menempati Posisi Hingga-24 Untuk total 150 ilmuwan Untuk kategori Top 2% Scientist Single-year Impact. Hingga level Dunia, Maila menempati posisi Hingga-70.584 Untuk daftar 100.000 ilmuwan berpengaruh dunia yang masuk Untuk Top2% Scientist Worldwide 2024. Posisi ini naik signifikan Untuk posisi tahun Sebelumnya, yaitu 87.240.

Capai Posisi Top 5 Hingga 3 Bidang

Kiprah keilmuan Profesor Maila dinilai berdampak besar Ke tiga area keilmuan, yakni Pembelajaran (education), kecerdasan buatan (Ai), dan ilmu sosial. Untuk tingkat Indonesia Hingga tiga area keilmuan ini, Profesor Maila menempati ranking kedua bidang Pembelajaran, Posisi keempat Hingga bidang Ai, dan Posisi pertama Untuk ilmu sosial.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Diketahui, Profesor Maila merupakan pengajar Hingga Inisiatif Studi Pembelajaran Islam dan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Menamatkan sarjana Untuk Universitas Negeri Jakarta (2002), menyelesaikan studi magister dan doktor Hingga McGill University (2004), dan Universiti Putra Malaysia (2017).

Apresiasi Untuk Pihak Kampus

Atas prestasi ini, Kepala Pusat Layanan Kerjasama Antar Negara UIN Jakarta itu Merasakan apresiasi langsung Untuk pihak kampus. Ia dinilai berperan besar memperkuat kontribusi UIN Jakarta Untuk kancah akademik Dunia.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jakarta, Prof Asep Saepudin Jahar mengungkapkan kebanggaan dan apresiasinya atas pencapaian Profesor Maila Untuk bisa masuk Untuk jajaran Top 2% Scientists Worldwide 2024.

“Prestasi ini tidak hanya mengharumkan nama UIN Jakarta, tetapi juga menjadi bukti nyata Standar Studi dan dedikasi tinggi yang ditunjukkan Dari Profesor Maila Untuk Hingga bidang Pembelajaran, kecerdasan artifisial, dan dan ilmu-ilmu sosial,” ujarnya Untuk keterangan resmi yang diterima detikEdu, Sabtu (22/9/2024).

Sembari berperan sebagai seorang perempuan, istri, dan ibu, Maila bersikukuh Untuk tetap berkiprah Untuk bidang keilmuan.

“Terima kasih saya juga perlu sampaikan Untuk para pimpinan, kolega, dan keluarga yang terus Menyediakan Pemberian penuh,” katanya.

Ia mengajak para kolega akademiknya Untuk terus berkiprah Untuk pengetahuan Di terus Meningkatkan produktivitas berkarya.

“Fokuslah Ke Standar Studi, bukan hanya Ke jumlah publikasi,” pesannya.

Tentang Posisi Top 2% Scientists

Posisi Top 2% Scientists Worldwide 2024 merupakan sistem perangkingan ilmiah yang disusun berdasarkan analisis dampak sitasi Hingga berbagai bidang keilmuan menggunakan data Untuk database Scopus. Ranking ini Memusatkan Perhatian Ke ilmuwan Di karya paling banyak disitasi, Menilai dampak karya ilmiah mereka berdasarkan sejumlah metrik, baik Untuk dampak sitasi sepanjang karir maupun dampak Untuk satu tahun terakhir.

Lembaga ini secara rutin memilih 100.000 ilmuwan Untuk keseluruhan ilmuwan Dunia yang berkiprah Hingga berbagai Lembaga akademik dunia. Mereka dipilih berdasarkan indikator komposit (c-score, Di dan tanpa sitasi diri) atau Posisi persentil 2% teratas Untuk bidang masing-masing.

Pemeringkatan ini dibagi Untuk dua kategori, yakni Top2% Scientist sepanjang karir dan kategori Top2% Scientist Di dampak sitasi satu tahun terakhir (single-year impact). Penilaian ini dilakukan Dari Stanford University dan Elsevier BV berdasarkan dampak sitasi karya ilmiah.

Melansir laman pemeringkatan tersebut, terdapat 40 ilmuwan Indonesia yang masuk Untuk kategori pertama dan 150 ilmuwan Untuk kategori rising scientist Di capaian dampak satu tahun.

(nir/nwk)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: Selamat! Profesor Perempuan UIN Jakarta Masuk Top 2% Scientists Worldwide 2024