Contoh Latar Dibelakang Makalah Bagi Berbagai Jurusan


Jakarta

Latar Dibelakang merupakan Pada Bersama makalah yang berada Ke bab Pendahuluan. Pada ini menjadi dasar pentingnya pembuatan makalah tersebut.

Jika masih bingung, simak dulu contoh-contoh latar Dibelakang makalah Ke bawah ini. Ada makalah Bersama berbagai bidang, mata pelajaran, maupun jurusan kuliah.

Contoh Latar Dibelakang Makalah Biologi

Berikut ini contoh latar Dibelakang Bersama makalah berjudul Pengolahan Biji Kakao Untuk Pembuatan Produk Olahan Cokelat Ke Griya Cokelat Nglanggeran (2023) Untuk situs SMA IT Abu Bakar Yogyakarta:


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Latar Dibelakang

Kakao adalah pohon budidaya Ke perkebunan yang berasal Bersama Amerika Selatan, tetapi kini dapat ditemukan Ke berbagai kawasan tropis. Bersama biji buah tanaman ini dihasilkan produk olahan yang dikenal sebagai cokelat. Biji kakao menjadi bahan utama Bagi pembuatan cokelat beserta produk turunannya. Permintaan Pada produk turunan kakao senantiasa tinggi seiring mendunianya panganan dan minuman berbahan cokelat. Samping Itu, biji kakao juga dimanfaatkan Untuk bidang Makeup dan Kesejajaran. Ketersediaan kakao perlu dijaga, baik Mutu maupun kuantitasnya, agar permintaan pasar Pada produk kakao dapat terpenuhi. Hal ini menjadi Potensi Bagi petani kakao Ke Indonesia sebagai Bangsa terbesar kelima penghasil kakao.

Salah satu Minuman tradisional yang sering dijumpai Ke beberapa Area Ke Indonesia yaitu dodol. Dodol Memperoleh rasa manis gurih, berwarna cokelat, tekstur lunak, digolongkan Minuman semi basah. Ke Samping itu, dodol bisa dibuat Bersama buah dan sayur, seperti dodol apel, dodol sirsak, dodol wortel, dodol cokelat, dan sebagainya. Karenanya dodol termasuk sebagai salah satu produk olahan hasil Pertanian.

Produk olahan dodol ini sangat disukai Kelompok, Lantaran Memperoleh variasi rasa dan harga terjangkau. Griya Cokelat Nglanggeran menggunakan cokelat sebagai bahan utama yang ditambahkan Hingga Untuk campuran dodol. Ini merupakan suatu ide yang sangat Menarik Perhatian, Lantaran memadukan dodol sebagai salah satu Minuman tradisional Indonesia Bersama cokelat yang disukai Bersama hampir setiap orang.

Contoh Latar Dibelakang Makalah Sosiologi

Berikut ini contoh latar Dibelakang Bersama makalah berjudul Keserasian Sosial Orang Muna Bersama Kelompok Gorontalo (2015) Ke situs Universitas Negeri Gorontalo (UNG):

Latar Dibelakang

Identitas etnik dimiliki Bersama setiap kelompok etnik. Karenanya Bagi mengkaji identitas etnik diperlukan pengkajian secara mendalam tentang Kearifan Lokal Global etnik tersebut, misalnya faktor lingkungan alam sekitarnya Bersama salah satu faktor tersebut maka terdapatlah perbedaan Untuk pola kelakuan manusia.

Ke Gorontalo terdapat Kelompok lokal yang disebut sebagai orang Muna. Muna sebetulnya adalah nama salah satu Area Ke Area Gorontalo, yaitu Pulau Muna atau Wuna. Kelompok ini Memperoleh kebudayaan etnik yang kuat. Untuk berinteraksi Bersama sesama orang Muna maupun Bersama Kelompok Gorontalo Ke Umumnya, mereka tetap mempertahankan nilai-nilai kebudayaan (kebiasaan) orang Muna.

Orang Muna Memperoleh kelompok yang bernama Kerukunan Keluarga Muna (KKM). Awalnya mereka terpencar Ke beberapa desa dan kecamatan, serta tak saling kenal. Tetapi Melewati kelompok ini, mereka menjadi saling mengenal karakteristiknya.

Untuk berinteraksi, terkandung makna tentang timbal balik Antara individu-individu dan kelompok-kelompok. Maka Bersama itu saya tertarik Bagi meneliti orang Muna yang ada Ke Provinsi Gorontalo, khususnya Ke Area Kota Gorontalo Bersama judul Studi “Keserasian Sosial Orang Muna Ke Kota Gorontalo”.

Contoh Latar Dibelakang Makalah Ilmu Pengetahuan dan Arsitektur

Berikut ini contoh latar Dibelakang Bersama makalah berjudul Video Game Simulasi The Sims 4 Bagi Mendukung Mata Pelajaran Gambar Interior dan Eksterior Bangunan Ke Sekolah Menengah Kejuruan (2019) Untuk situs Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Latar Dibelakang

Penggunaan Alat lunak (software) Untuk Pendesainan produk engineering telah menjadi kebutuhan Ke era Ilmu Pengetahuan Di ini. Perencana tidak lagi memerlukan berlembar-lembar Alattulis, Pena serta penghapus Bagi membuat rancangan projek dan ide yang mereka kerjakan. Ke bidang konstruksi bangunan, penggunaan software gambar populer seperti Computer Aided Design (CAD), Archicad, SketchUp sering menjadi pilihan. Tidak hanya 2D, banyak diantaranya juga merupakan 3D modelling. Tetapi, fungsi dan tujuan software tersebut secara khusus dibuat Bagi praktisi Cara. Penggunaan software tersebut Bersama Kelompok awam nonpraktisi Cara sangatlah minim, Lantaran sulit Bagi dipelajari secara otodidak.

Seiring berkembangnya Ilmu Pengetahuan, non praktisi Cara tidak lagi terbatasi ruang belajarnya Bersama software-software yang telah disebutkan Ke atas. Pembelajaran Ke suatu ilmu kini tidak lagi menjadi hal yang sangat khusus. Orang-orang yang tertarik, kini tidak perlu mendaftarkan dirinya Ke sekolah dan kursus Bagi dapat mempelajari ilmu yang mereka inginkan. Ilmu tersebut dapat didapatkan Melewati pembelajaran otodidak. Tetapi biasanya hal ini lebih sulit dilakukan, Lantaran tidak adanya orang lain yang membimbing. Tentu saja keadaan tersebut menjadi invalid jika orang tersebut ingin Memperoleh ilmunya secara rinci dan mendalam. Tetapi, bagaimana jika ilmu yang diinginkan bukanlah pengetahuan yang bersifat lebih mendalam? Apakah ada cara yang dapat dilakukan secara otodidak, simple dan juga menyenangkan Bagi mendapatkannya?

Di ini, integrasi video game sebagai software bertujuan hiburan Untuk pembelajaran dan pekerjaan bukanlah hal yang luar biasa. Telah banyak studi yang meneliti dan menerapkannya secara langsung. Misalnya Ke pembelajaran Bersama menggunakan game dan software edukatif sebagai medianya. Berbeda Bersama video game murni yang dimainkan sebagai hiburan, game edukatif dirancang Bersama tujuan murni pembelajaran Bersama sisipan hiburan. Tetapi, anggapan bahwa video game yang ada Ke pasaran Di ini hanyalah hiburan semata adalah hal yang salah. Setiap tahun, video game berevolusi Bersama ‘hanya hiburan’ menjadi ‘hiburan Bersama unsur pembelajaran Ke dalamnya’.

Pengembang atau developer video game kini tak hanya terpaut Ke tujuan hiburan Untuk perancangan produk-produk yang mereka buat. Studi Peristiwa Pidana lapangan yang terpaut Ke histori Kearifan Lokal Global lokal yang diambil sebagai tema, hingga penerapan ilmu profesional yang umumnya dipelajari Ke Pembelajaran formal dapat menjadi basis penciptaan video game. Sebuah Regu perancang video game Di ini tidak hanya diisi Bersama programmer dan designer artist. Ahli Alunan profesional, penulis hingga arsitek tak jarang Menyambut peran penting Untuk Regu. Keterlibatan professional Ke Untuk Regu bergantung Ke genre yang diusung video games tersebut. Sebagai contoh adalah adanya peranan arsitek Untuk Regu perancang video game SimCity yang merupakan salah satu video game bergenre simulasi manajemen konstruksi dan Pendesainan kota yang telah ada Ke pasaran Dari tahun 1989. Kehadiran para ahli Untuk Regu tersebut Menunjukkan bahwa video games tidak hanya Merencanakan faktor hiburan Tetapi juga menerapkan ilmu yang digunakan Ke bidang lain secara serius.

The Sims franchise merupakan hasil Bersama Detail Bersama kesuksesan implementasi civil and planning engineering yang ada Untuk SimCity. Jika Ke SimCity Manajer diajak Bagi Menyusun sebuah Area kosong Bersama memberi fasilitas layaknya sebuah kota dan mensimulasikannya, Ke The Sims™ 4 Manajer diajak Bagi membangun dan mensimulasikan kehidupan sehari-hari sebuah keluarga beserta Tempattinggal lengkap Bersama perabot Tempattinggal Ke dalamnya. Manajer diberi kesempatan Bagi memilih lahan beserta Tempattinggal ataupun lahan kosong Bagi dibangun. Jika Manajer memilih Bagi membangun rumahnya sendiri, keuangan dan budgeting juga harus dipertimbangkan. Membeli lahan, membangun dan mengecat tembok, memasang lantai, hingga memilih perabot Tempattinggal tidak bisa dilakukan tanpa pertimbangan matang mengingat budget yang dimiliki terbatas. Hal ini menjadi Menarik Perhatian Lantaran, semua kegiatan tersebut tidaklah berbeda jauh Bersama ilmu Pendesainan bangunan yang dipelajari Ke kelas. Merencanakan struktur, desain interior-eksterior, hingga budgeting adalah salah hal mendasar ilmu konstruksi bangunan. Bersama Detail, tahapan Ke atas dapat dikategorikan sebagai designing and modelling. Simulasi Tempattinggal Ke kehidupan sehari-hari yang telah dibuat pun dapat dilakukan Ke live Tren Bersama memainkan karakter (sim). Ke live Tren, Manajer dapat Menimbang apakah komposisi dan penempatan ruang telah efektif, apakah perabot yang telah dipilih telah sesuai dan dapat dipergunakan Bersama baik.

Berdasarkan penjabaran Di, The Sims™ 4 sebagai simulasi Mesin berbentuk video game menawarkan sebuah hiburan Bersama unsur home designing yang simple Tetapi efektif dan Menarik Perhatian. Tetapi perlu disadari, The Sims™ 4 merupakan sebuah video game dan bukan software khusus pekerjaan engineering Agar perlu diteliti Bersama Detail apakah benar The Sims™ 4 dapat menyajikan ilmu konstruksi dan arsitektur terkhusus interior dan eksterior Ke bangunan

Contoh Latar Dibelakang Makalah Sosial Kearifan Lokal Global

Berikut ini contoh latar Dibelakang Bersama makalah berjudul Pengaruh Kearifan Lokal Saparan Nglinggo Pada Kehidupan Sosial Kelompok Desa Nglinggo (2021) Untuk situs SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya.

Latar Dibelakang

Kehidupan sosial adalah proses objektivikasi individu yang selalu Memperoleh gagasan Bagi menciptakan aturan Untuk kehidupannya. Kehidupan sosial Memperoleh tiga elemen yang bergerak berkesinambungan yaitu eksternalisasi, internalisasi, dan objektifikasi. Ini bisa kita simpulkan bahwa kehidupan sosial merupakan proses yang saling mempengaruhi Antara objek dan subjek. Ada beberapa contoh kehidupan sosial seperti: bergotong royong, berinteraksi sosial, mengikuti penyuluhan dan lainnya.

Saparan Nglinggo adalah sebuah Kearifan Lokal Ke Jawa yang dilaksanakan Ke Di bulan Sapar Ke kalender Jawa atau Safar Untuk kalender Hijriyah. Bulan Sapar merupakan bulan Untuk kalender Jawa Kuno yang dipilih sebagai tenggat waktu Bagi dilaksanakannya beberapa Kearifan Lokal khas Nglinggo. Saparan berasal Bersama kata “Sapar” yang merupakan nama bulan Untuk kalender Jawa. Kearifan Lokal saparan Nglinggo ini Memperoleh tujuan tersendiri yaitu sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen warga yang melimpah dan Kedamaian desa. Saparan Nglinggo ini sudah menjadi sebuah Kearifan Lokal Ke desa Nglinggo dan mempengaruhi kehidupan sosial warga Kelompok Desa Nglinggo . Saparan Nglinggo ini terdiri Bersama banyak elemen Kearifan Lokal – Kearifan Lokal lainnya seperti Kearifan Lokal tari Angguk, Kearifan Lokal Kenduri Saparan, Gunungan Saparan, Jatilan, Lengger Topeng dan juga Kearifan Lokal upacara Wiwit. Kearifan Lokal ini mengandung nilai-nilai dan Memperoleh keunikan-keunikannya tersendiri.

Topik yang kami ambil Untuk Makalah ini adalah “Pengaruh Kearifan Lokal Saparan Nglinggo Pada Kehidupan Sosial Kelompok Desa Nglinggo”. Alasan kami Membahas topik ini adalah Bagi mengetahui keterkaitan Kearifan Lokal saparan Nglinggo ini Pada kehidupan sosial Kelompok Nglinggo sendiri. Penulis Akansegera mengetahui mengenai bagaimana Kearifan Lokal saparan Nglinggo dapat mempengaruhi kelompok sosial, stratifikasi, serta diferensiasi sosial Kelompok Desa Nglinggo, berdampak Pada kehidupan religius Kelompok, berperan Untuk membangun kekeluargaan Kelompok, serta nilai penting Bersama Kearifan Lokal saparan.

Contoh Latar Dibelakang Makalah Komunikasi/Jurnalistik

Berikut ini contoh latar Dibelakang Bersama makalah berjudul Kooptasi Media Atas Jurnalisme Warga (Studi Kritis Pada Jurnalis Warga Kontributor Metro TV, Net TV dan Kompas Online) Untuk situs Universitas Andalas (Unand):

Latar Dibelakang

Citizen Journalism atau Jurnalisme Warga (JW) Untuk beberapa tahun terakhir Lebihterus sering terdengar. Ke Indonesia, banyak media-media yang menyediakan Langkah khusus Bagi JW. Beberapa diantaranya seperti rubrik pembaca Ke media cetak, laporan Melewati telepon atau pesan Ke radio, Malahan Ke media massa konvensional Di ini banyak dijumpai Langkah khusus Bagi JW, seperti Kompas, Metro TV, dan yang terbaru adalah Net.TV.

Menurut Kusumaningati (2012) Untuk Wahyuni (2014: 1), Jurnalisme warga atau biasa disebut citizen journalism merupakan perkembangan jurnalisme Untuk dunia modern. Kehadiran citizen journalism menandai fase Terbaru Ke era reformasi. Fase tersebut ditandai Bersama keterlibatan warga, bukan hanya sebagai konsumen informasi dan sumber informasi, tetapi sekaligus penyaji informasi.

Berdasarkan pengamatan awal peneliti, JW Di ini sangat diminati Bersama Kelompok yang Memperoleh ketertarikan Ke bidang jurnalis Walaupun mereka Mungkin Saja tidak Memperoleh latar Dibelakang Pembelajaran jurnalistik. Kelompok menggunakan sosial media sebagai wadah Bagi menyalurkan minat mereka Untuk berbagi informasi. Informasi yang dibagikan bisa Untuk bentuk tulisan, foto dan tulisan, serta Untuk bentuk video. Hal tersebut dibuktikan Bersama munculnya berbagai blog yang berisi informasi seputar kehidupan Kelompok, seperti wisata Minuman, Perjalanan Hingga Luarnegeri, dan Kearifan Lokal Global yang diliput Bersama Kelompok biasa Setelahnya Itu mereka sebarkan Melewati jaringan Jaringan.

Maka Bersama itu, berdasarkan observasi awal yang telah penulis lakukan, mulai Bersama mengartikan kegiatan JW, sejarah JW Ke dunia dan Ke Indonesia, hingga bagaimana Kejadian Luar Biasa JW Ke Indonesia Di ini, penulis mengangkat sebuah Studi yang berjudul KOOPTASI MEDIA ATAS JURNALISME WARGA (Studi Kritis Pada Jurnalis Warga Kontributor Metro TV, Net.TV dan Kompas Online).

Contoh Latar Dibelakang Makalah Ekonomi/Usaha

Berikut ini contoh latar Dibelakang Bersama makalah berjudul Pengaruh Perilaku Pelaku Usaha dan Modal Usaha Pada Sukses Dan Menengah Ke Desa Tukad Sumaga Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng Untuk situs Universitas Pembelajaran Ganesha (Undiksha)

Latar Dibelakang

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Dan Menengah) Memperoleh peranan penting Untuk peningkatan perekonomian Area maupun perekonomian suatu Bangsa. Menurut Tambunan (2012) Ke Indonesia, Dan Menengah terbukti Memperoleh peran yang penting Untuk mengatasi akibat dan dampak Bersama Keadaan Darurat Ekonomi yang terjadi Ke tahun 1997 yang mana banyak Bersama perusahaan-perusahaan besar Merasakan kebangkrutan, sedangkan Dan Menengah mampu bertahan Bersama Kepuasan krisis tersebut. Samping Itu, sektor ini mampu Memperbaiki pendapatan per kapita atau Produk Domestik Bruto (PDB) Kelompok Lantaran mampu menyerap tenaga kerja yang cukup banyak.

Pemerintah memberi perhatian yang sangat besar Pada perkembangan Dan Menengah agar dapat bertahan Untuk krisis Dunia. Berbagai inisiatif selalu diusahakan Bersama pemerintah Melewati Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah agar Lebihterus banyak individu mau menekuni dunia wirausaha Untuk bentuk pendirian Dan Menengah. Perhatian pemerintah Pada Dan Menengah yang sangat besar merupakan langkah strategis yang tepat dibutuhkan bangsa Indonesia. Keseriusan kepedulian pemerintah Pada Dan Menengah Bersama Langkah-Langkah Bagi menumbuhkembangkan Dan Menengah Ke Indonesia. Walaupun Dukungan pemerintah Indonesia sangat besar Bagi menjadikan Dan Menengah berhasil dan berkembang bukan berarti tanpa kendala. Menurut Tambunan (2002) faktor-faktor yang dapat mempengaruhi Sukses usaha adalah Mutu SDM yaitu termasuk perilaku pelaku usaha dan modal usaha.

Menurut Tambunan (2002), kekuatan modal dapat mempengaruhi Sukses usaha. Modal usaha mutlak diperlukan Bagi melakukan kegiatan usaha. Karenanya diperlukan sejumlah dana sebagai dasar ukuran Keuangan atas usaha yang dilakukan. Sumber modal usaha dapat diperoleh Bersama modal sendiri, Dukungan pemerintah, lembaga keuangan baik bank dan lembaga non bank. Modal adalah faktor usaha yang harus tersedia Sebelumnya melakukan kegiatan. Besar kecilnya modal Akansegera mempengaruhi perkembangan usaha Untuk pencapaian pendapatan (Riyanto, 2001).

Berdasarkan latar Dibelakang Ke atas, maka peneliti melakukan Studi Bersama judul “Pengaruh Perilaku Pelaku Usaha dan Modal Usaha Pada Sukses Dan Menengah Ke Desa Tukad Sumaga Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng”.

Demikian tadi contoh-contoh latar Dibelakang makalah Ke berbagai bidang Bagi sejumlah jurusan kuliah atau mata pelajaran sekolah.

(row/row)

Artikel ini disadur –> Detiknews.id Indonesia: Contoh Latar Dibelakang Makalah Bagi Berbagai Jurusan